pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


13 Dzulqa'dah 1442  |  Rabu 23 Juni 2021

Diet Berdasarkan Golongan Darah

Diet Berdasarkan Golongan DarahFiqhislam.com - Anda telah berusaha berbagai model diet, namun masih saja gagal? Coba atur konsep makan Anda sesuai kebutuhan yang disesuaikan dengan jenis golongan darah.

Peter J. D'Adamo, ND, seorang penulis buku at Right for Your Type: The Individualized Diet Solution to Staying Healthy, Living Longer & Achieving Your Ideal Weight, percaya bahwa golongan darah sangat mempengaruhi sistem pencernaan dan metabolisme di dalam tubuh. Sehingga ketika Anda bisa mengetahui makanan mana yang baik atau buruk untuk tubuh Anda, maka program diet Anda akan jauh lebih sukses.
 
D'Adamo juga percaya bahwa golongan darah Anda juga menentukan kerentanan Anda terhadap penyakit tertentu, serta pilihan olahraga apa yang akan memberikan hasil maksimal untuk menurunkan berat badan.
 
Berikut ini diet dengan golongan darah yang diusung oleh D'Adamo:
 
1. Tipe golongan darah A
Anda memiliki tipe golongan darah agraria, warisan dari nenek moyang petani yang mapan dan kurang suka berperang. Sehingga menu makanan Anda cocok dengan menu diet vegetarian.
 
Jenis diet golongan darah A lebih baik merujuk pada protein nabati, seperti kedelai, biji-bijian, dan perbanyak konsumsi sayuran organik. Memilih olahraga, disarankan untuk memilih yang ringan-ringan saja misalnya seperti jalan sehat, yang akan membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh.
 
2. Tipe golongan darah B
Adalah tipe golongan darah nomaden, yang memiliki sistem pencernaan yang cukup toleran pada aneka makanan. Anda dapat menikmati susu rendah lemak, serta daging, namun lebih baik hindari gandum-ganduman, jagung dan lentil.
 
Soal olahraga, D' Adamo menyarankan tipe golongan darah B untuk menjalankan olahraga dengan cukup dan tidak berlebihan.
 
3. Tipe golongan darah AB
Apabila Anda memiliki jenis golongan darah AB, maka Anda memiliki saluran pencernaan yang sensitif. Anda disarankan menghindari ayam, daging sapi daging babi, dan lebih condong pada menu seafood, tahu, dan susu.
 
Pilihan olahraga yang cocok untuk golongan darah AB adalah latihan yang menenangkan, seperti yoga dan meditasi.
 
4. Tipe golongan darah O
Jika Anda adalah tipe golongan darah O, maka Anda termasuk memiliki jenis golongan darah tertua manusia. Saluran pencernaan Anda akan mempertahankan memori dari jaman kuno. Sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan dari metabolisme daging tanpa lemak, unggas, dan ikan.
 
Anda disarankan membatasi asupan biji-bijan, roti, kacang-kacangan dan cocok melakukan olahraga berat, seperti angkat beban.
 
Dengan makan sesuai dengan golongan darah, tubuh Anda bisa tercegah dari kembung, peradangan dan penyakit-penyakit lainnya serta kanker.

yy/aktual.co