22 Rabiul-Akhir 1443  |  Sabtu 27 Nopember 2021

basmalah.png

Terapi Sel Punca Dapat Atasi Kemandulan

Terapi Sel Punca Dapat Atasi KemandulanFiqhislam.com - Stem cell (sel punca) milik seorang anak yang diinvestasikan oleh orangtuanya, ternyata sangat berguna untuk menyembuhkan bila kelak anak itu mengalami infertilitas (kemandulan)

"Terapi menggunakan stem cell itu kan tujuannya tidak hanya membarui, tapi juga memperbaiki sel atau jaringan yang rusak atau tidak berfungsi. Jadi, mandul pun dapat disembuhkan menggunakan terapi stem cell ini," kata Direktur PT Prodia StemCell Indonesia, Dr. Cynthia R Sartika MSi, saat berbincang dengan Health Liputan6.com, di Prodia Tower, Kramat Jati, Jakarta, Rabu (11/12/2013)

Sesuai dengan predikat yang disandang oleh stem cell yaitu sel dewa, Dr Cynthia menambahkan bahwa memang segala jenis penyakit dapat disembuhkan dengan sel punca dirinya sendiri, termasuk kemandulan ini.

Perkembangan penelitian dan pengetahuan tentang stem cell (sel punca) terus meningkat dalam beberapa dekade terakhir ini. Menurut Dr Cynthia, ini disebabkan karena adanya potensi stem cell yang sangat menjanjikan untuk terapi berbagai penyakit, sehingga menimbulkan harapan baru dalam pengobatan berbagai penyakit, terutama penyakit degeratif, trauma, dan keganasan.

Sel punca merupakan sel induk yang memiliki dua sifat dasar, yaitu dapat berplikasi menjadi dirinya sendiri ataupun berkembang menjadi sel lain seperti sel jantung, sel otot, sel saraf, dan lain-lain. [yy/liputan6.com]