11 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 07 Oktober 2022

basmalah.png

Cara Cegah Wasir Selama Hamil

Cara Cegah Wasir Selama HamilFiqhislam.com - Wasir merupakan pembuluh darah di sekitar anus yang membengkak. Saat kehamilan biasanya muncul masalah wasir. Ini karena perubahan hormonal yang mengurangi kapasitas pencernaan ibu hamil yang akhirnya menyebabkan sembelit.

Ada tekanan yang ekstrem yang terjadi pada uterus yang lebih rendah karena beratnya janin. Karena meningkatnya berat badan dan sembelit, terjadilah wasir.

Agar ibu hamil terhindar dari wasir, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan seperti dilansir Boldsky:

1. Minum air dan cairan

Menghindari wasir selama kehamilan bisa dilakukan dengan banyak minum air atau cairan. Air secara alami bisa mengobati sembelit. Minum minimal 8 sampai 10 gelas air untuk menghindari konstipasi dan wasir selama kehamilan.

2. Makan makanan berserat

Fiber dianggap bagus untuk memperbaiki sistem pencernaan Anda. Bila Anda sedang hamil, makan perbanyak makanan serat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Makanan berserat harus dimasukkan dalam diet Anda secara teratur

Makanan ini akan membantu mempercepat pencernaan Anda. Cobalah minta nasihat dokter sebelum menambahkan makanan baru dalam diet Anda.

3. Lakukan yoga dan peregangan

Lakukan sedikit peregangan tubuh yang membantu meningkatkan pencernaan Anda. Untuk tujuan ini, Anda bisa menambahkan latihan yoga yang bisa dilakukan selama kehamilan. Latihan pernapasan dan beberapa latihan dasar bisa dilakukan selama tahap awal kehamilan.

Hati-hati saat melakukan latihan karena seharusnya tak membahayakan janin Anda. Hentikan segera jika Anda merasa sakit saat melakukan latihan.

3. Jangan diam saja

Jika Anda berdiam diri dalam satu posisi untuk jangka yang panjang, proses pencernaan cenderung lebih lambat. Sembelit mengarah ke wasir. Karena itu, dalam beberapa waktu, ubah posisi Anda. Berbaringlah selama beberapa waktu, duduk di kursi, berjalan sedikit dan berdiri untuk beberapa waktu.

4. Bantuan dokter

Jika wasir selama kehamilan tak berkurang padahal Anda sudah melakukan tindakan pencegahan, pergilah ke dokter. Jangan anggap remeh wasir selama kehamilan karena bisa menyebabkan sakit saat persalinan.

yy/liputan6.com