16 Rajab 1444  |  Selasa 07 Februari 2023

basmalah.png

Seusai Keguguran Jangan Tunda Kehamilan

http://images.agoramedia.com/everydayhealth/gcms/photogallery_pregnancy_week_by_week_baby_37_full.jpg

Perempuan yang mengandung dalam enam bulan setelah keguguran memiliki peluang untuk hamil sehat tanpa komplikasi dibandingkan perempuan yang menunggu lebih lama.

Mereka memiliki kemungkinan lebih kecil untuk keguguran lagi dan menjalani operasi caesar, melahirkan prematur, atau memiliki bayi yang berat badannya di bawah standar.

Penemuan itu dipublikasikan di jurnal British Medical. Penemuan itu bertolak belakang dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menganjurkan perempuan hamil yang keguguran menunggu minimal enam bulan sebelum hamil lagi, sedangkan pakar kesehatan lain menganjurkan lebih lama lagi.

Ketua peneliti Sohinee Bhatcaharya dari Rumah Sakit Ibu Anak Abeerden di Skotlandia mengkaji catatan medis lebih dari 30.000 perempuan di Skotlandia yang mengalami keguguran pada kehamilan pertama dan hamil lagi antara 1981 dan 2000.

”Penelitian kami menunjukkan bahwa perempuan yang hamil dalam enam bulan dari keguguran pertama memiliki hasil yang baik dan tingkat komplikasi terendah dalam kehamilan berikutnya. Tidak perlu menunda kehamilan setelah keguguran,” kata Bhatcaharya.

Diperkirakan, satu dari lima kehamilan berakhir dengan keguguran sebelum usia kandungan 24 minggu.

kompas.com