10 Muharram 1444  |  Senin 08 Agustus 2022

basmalah.png

Tiga Tanda Harus Mengganti Dokter Kandungan

Banyak wanita mengibaratkan, mencari dokter kandungan yang tepat sama sulitnya seperti mencari jodoh. Itu karena rata-rata wanita menginginkan kenyamanan dalam berkonsultasi tanpa harus merasa canggung ketika menanyakan banyak hal terkait masalah kewanitaan.

http://1.bp.blogspot.com/__gkV0n5cptc/TMRNWkSQ0NI/AAAAAAAAA0k/ETREs5GzmrU/s400/periksa+dokter+kandungan.jpgJadi, jangan segan untuk mencari dokter kandungan lain jika merasa tidak nyaman dengan dokter yang selama ini menangani Anda. Untuk itu ketahui tiga tanda Anda harus segera mengganti dokter kandungan, seperti dikutip dari Shine.

1. Terlalu sibuk
Pastinya semua dokter selalu sibuk. Tetapi akan menjadi tidak wajar jika waktunya memeriksa pasien hanya sekitar 15 menit. Padahal, Anda pasti datang dengan berbagai pertanyaan untuk dikonsultasikan. Dokter memang cenderung menjadi tidak fokus saat antrean pasiennya cukup banyak. Pertanda ia tidak fokus juga terlihat saat dokter itu jarang melakukan kontak mata serta melirik jam berkali-kali. Jika sudah begini, jangan harap pertanyaan Anda akan dijawab secara detail. Bisa jadi dokter itu juga hanya akan melakukan pemeriksaan seadanya.

2. Tidak mendengarkan
Ada beberapa dokter yang menganggap pertanyaan pasien tidak terlalu penting untuk dijawab. Jika saat berkonsultasi Anda merasa tidak fokus didengarkan, memang sangat menyebalkan. Hal ini membuat Anda merasa sungkan untuk menanyakan banyak hal pada sang dokter. Padahal, penjelasan dokter sangat penting untuk membuat pasien lebih tenang dan mengetahui keluhan atau penyakit yang dialaminya.

3. Tidak menghargai
Jika dokter tidak menghormati keyakinan atau menjawab pertanyaan Anda dengan baik, ini pertanda ia tidak menghargai Anda. Apalagi jika ia cenderung defensif saat Anda mengajukan pertanyaan dan tidak bersikap fleksibel. Sebaiknya segera cari dokter kandungan lain yang mau mendengarkan dan menghargai setiap keluhan Anda. Pastikan dokter tersebut membuat Anda nyaman, bukan hanya ahli dalam bidangnya.

Irina Damayanti, Mutia Nugraheni/VIVAnews