13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

5 Cara Agar Tidak Selalu Tergesa-gesa

http://2.bp.blogspot.com/_vhdOolSj3OE/Shlo67ijcpI/AAAAAAAAAAU/0fcEQtQG43A/s320/busy_woman.jpgSiapa yang suka diburu-buru waktu? Selain membuat hati jadi tidak tenang, apa pun yang Anda selesaikan sepertinya kurang dapat memberikan hasil seperti yang diharapkan. Sebaliknya, bila semua dilakukan dengan kalem dan langkah demi langkah dapat dipantau, hasilnya akan lebih memuaskan.

Meski Anda sudah memahami bahwa manajemen waktu adalah kunci utama agar tidak selalu tergesa-gesa, tetap saja hal ini sulit diterapkan. Begitu banyak teori telah Anda dengar atau baca, tapi begitu sudah berada dalam situasinya, semua ilmu itu lenyap seketika. Nah, untuk itu Anda memerlukan petunjuk yang lebih mudah untuk dilakukan. Camkan lima aturan penting berikut ini di dalam hati agar selalu menempel di kepala. Niscaya Anda tidak perlu pontang-panting lagi untuk menyelesaikan tugas di kantor maupun di rumah.

1. Aktivitas untuk esok dimulai sejak hari ini
Sebelum beristirahat panjang di malam hari, pastikan semua yang Anda perlukan besok sudah terencana dengan baik, begitu saran dari Elizabeth Lombardo, PhD, penulis buku A Happy Your: Your Ultimate Prescription for Happiness. Tulis jadwal kegiatan Anda besok, lalu buat daftar yang berisi apa saja yang diperlukan untuk kegiatan itu. Berikan perhatian terutama pada hal-hal yang mungkin akan banyak menyita waktu Anda, seperti memilih pakaian kerja atau persiapan memasak.

"Jika semuanya telah dipikirkan pada malam sebelumnya dan telah dicatat, Anda dapat tidur dengan tenang dan esok harinya sudah bisa langsung mulai melakukan apa yang diinginkan tanpa perlu memikirkannya lagi," kata Lombardo.

2. Jadwalkan acara berbelanja
Belanja bulanan dapat mendatangkan bencana tersendiri. Terutama jika Anda melakukannya pada hari yang sibuk, kemudian di saat supermarket juga sedang penuh-penuhnya. Sambil mengantre di kasir, tak urung Anda akan menggerutu panjang-pendek, berpikir bahwa seharusnya pada saat itu Anda sudah harus berada di tempat lain. Untuk itu, Stephanie Vozza, penulis The Five-Minute Mom's Club, menganjurkan Anda untuk membuat jadwal berbelanja.

"Ketahui hari-hari apa supermarket langganan Anda terlihat lebih sepi, dan pada jam berapa. Biasanya, kebanyakan orang akan berbelanja pada akhir minggu," kata Vozza. Hindari hari-hari ini apabila Anda tidak ingin tertahan 30 menit di antrean kasir.

3. Lakukan hal yang tidak menyenangkan dulu
Anda punya banyak pekerjaan yang harus diselesaikan? Tsh Oxenreider, pendiri situs SimpleMom.net, menganjurkan Anda untuk menyelesaikan tugas yang tidak disukai dulu. "Intinya, jika Anda melakukan hal yang sulit terlebih dulu, tugas-tugas lainnya akan lebih mudah untuk dituntaskan," katanya.

Sementara, bila Anda memilih mengerjakan yang lebih mudah dulu, sepanjang hari Anda akan dihantui pikiran untuk menyelesaikan tugas yang sulit. Akibatnya, bisa saja Anda butuh waktu lebih lama untuk bekerja dan pada akhirnya semuanya menjadi mundur dan tidak terselesaikan dengan baik.

4. Manfaatkan ponsel agar lebih organized
Setiap hari Anda banyak berinteraksi dengan ponsel ataupun BlackBerry untuk berkomunikasi dengan orang lain. Mengapa tidak memanfaatkannya juga untuk membantu Anda membuat jadwal kegiatan? "Salah satu cara terbaik untuk menghadapi stres adalah dengan membuat perencanaan setiap hari, minggu, atau bulan," kata Patricia Farrell, PhD, psikolog dan penulis buku How to Be Your Own Therapist.

Jika agenda Anda lebih sering ketinggalan di meja daripada dibaca, manfaatkan gadget yang memang selalu ada di tangan Anda. Segera instal program organizer dan hidup Anda pun akan menjadi lebih mulus.

5. Jangan menganggur di tengah kemacetan
Lalu lintas yang padat dan tersendat sudah menjadi bagian dari rutinitas pergi dan pulang kantor kita. Daripada marah-marah di dalam kendaraan tanpa solusi, lebih baik manfaatkan waktu untuk mengerjakan hal lain. Misalnya, dengan menelepon ke rumah untuk mengecek kondisi anak-anak, mencari resep makanan baru yang dapat dimasukkan ke menu mingguan Anda, atau sekadar memikirkan berbagai ide baru untuk pekerjaan.

Hal lain yang juga dapat Anda lakukan di tengah jalan adalah meregangkan otot dan merilekskan badan. Coba ikuti saran dari Elaine Masters, pendiri Drivetime Yoga ini: duduklah tegak, kedua kaki menjejak di lantai, kontraksikan otot perut, lalu taruh tangan kiri ke lutut kanan. Lalu, dengan tangan kanan, raihlah sandaran samping kursi atau bagian belakang kursi. Pastikan posisi pinggul tetap menghadap ke depan, perut tetap ditarik, dan putar tubuh bagian atas ke arah kanan. Melihatlah ke arah bahu kanan. Setelahnya, lakukan sekali lagi ke arah sebaliknya. Latihan seperti ini dapat membantu menurunkan hormon stres di dalam tubuh Anda.

Womans Day | kompas.com