17 Muharram 1444  |  Senin 15 Agustus 2022

basmalah.png

Agar Lebih Nyaman Selama Kehamilan

Agar Lebih Nyaman Selama KehamilanSeiring dengan usia kehamilan dan membesarnya perut, tak pelak Anda akan mulai merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Kalau duduk sudah sulit berdiri, sedangkan tidur juga terkadang sering salah posisi. Padahal, kenyamanan adalah salah satu faktor yang penting bagi para calon ibu, agar bisa melalui masa kehamilan dengan tenang dan dapat melahirkan tanpa banyak gangguan. Simak tips berikut untuk menghilangkan faktor-faktor yang menyebabkan rasa tak nyaman selama kehamilan:

1. Sering buang air kecil
Memasuki trimester terakhir, Anda mungkin akan sering buang air kecil. Bukan mustahil, urin akan keluar secara otomatis pada saat Anda sedang batuk atau tertawa keras. Ini dapat dikarenakan adanya tekanan dari rahim ke arah kantung kemih. Untuk menguranginya, Anda dapat melakukan latihan untuk mengencangkan otot Kegel, yaitu dengan cara mengontraksikan otot seperti saat Anda menahan keluarnya air seni saat buang air kecil. Lakukan secara teratur, karena ini masih akan Anda perlukan setelah melahirkan nanti.

2. Rasa nyeri di bagian punggung dan kaki
Punggung yang mudah pegal dan nyeri bisa diakibatkan beban berat yang sedang Anda bawa di bagian perut. Begitu juga dengan masalah di bagian kaki. Untuk meredakannya, cobalah untuk lebih banyak beristirahat (hindari terlalu banyak duduk). Anda dapat menempelkan kompres hangat di bagian yang terasa tidak nyaman.

3. Kaki membengkak
Ukuran kaki seakan lebih besar daripada biasanya bisa terjadi selama kehamilan. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan retensi cairan di dalam tubuh selama kehamilan. Kaki yang membengkak ini dapat disebabkan Anda terlalu banyak berdiri atau duduk, dan biasanya akan mereda begitu Anda beristirahat di malam hari. Pada saat bekerja, ada baiknya Anda mengangkat kaki sedikit dan menopangnya dengan bangku kecil. Kenakan juga sepatu atau sandal yang nyaman dan hindari menggunakan kaus kaki atau stoking yang terlalu ketat.

4. Lebih ceroboh daripada biasanya
Mulai mendapati diri Anda lebih mudah menjatuhkan barang dan bertindak ceroboh? Ini juga merupakan efek samping dari kehamilan dan sifatnya hanya sementara. Penyebabnya adalah persendian yang menjadi lebih lemah dan adanya retensi cairan, sehingga tangan Anda tidak dapat menggenggam barang dengan kuat. Selain itu, berkurangnya konsentrasi juga dapat memengaruhi kecerobohan Anda. Sebaiknya, Anda berusaha untuk berdamai dengan diri sendiri dan mengingat hal positifnya, bahwa segera setelah sang bayi lahir, hal ini akan segera hilang. Selebihnya, Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk mengambilkan barang atau melakukan beberapa hal seperti memindahkan barang pecah-belah atau mencuci piring.

5. Perut terasa gatal
Semakin besar perut Anda, rasa gatal tak tertahankan akan semakin sering terasa. Gatal ini muncul karena kulit Anda meregang secara maksimal, sehingga menjadi lebih kering. Sebaiknya, Anda tidak menggaruk bagian yang gatal dan mengolesinya dengan losion. Sekarang, sudah ada beberapa jenis losion yang dapat digunakan oleh para ibu hamil untuk meredakan rasa gatal di kulit. Namun, bila gatal-gatal ini tak hilang dan malah meluas, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter.

kompas.com