11 Rabiul-Awwal 1444  |  Jumat 07 Oktober 2022

basmalah.png

Stres Saat Menyusui, Perparah Kondisi Mental Ibu

Stres Saat Menyusui, Perparah Kondisi Mental IbuStres saat menyusui berdampak buruk bagi kesehatan mental ibu. Harus segera ditangani serius. Diberitakan Futurity, ibu yang kesulitan menyusui pada dua minggu pertama paska kelahiran bayi, biasanya mengalami depresi atau stres parah selama dua bulan. Demikian diungkapkan Stephanie Watkins, dari Universitas North Carolina, Chapel Hill.

Hasil temuannya yang dipublikasikan di jurnal online Obstetrics & Gynecology, diperoleh dengan mengumpulkan data kasus depresi 2.586 perempuan paska kehamilan.

Dengan menggunakan pengukuran Edinburgh Postnatal Depression Scale, ditemukan sebanyak 8,6% mengalami kasus disebabkan oleh masalah menyusui.

Ibu yang merasa depresi dan benci melakukan kegiatan menyusui pada minggu pertama, cenderung akan depresi 1,42 kali lipat pada dua bulan pertama. Sedangkan ibu yang merasa payudaranya sakit saat menyusui, cenderung akan depresi 1,96 kali lipat.

Alison Stuebe, asisten profesor riset ini mengatakan bahwa kasus depresi semacam ini adalah hal serius yang harus ditangani segera.

pasarmodal.inilah.com