14 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 24 Juli 2021

basmalah.png

Asup Minyak Ikan Saat Hamil Kurangi Flu Bayi

Asup Minyak Ikan Saat Hamil Kurangi Flu BayiSelama kehamilan para ibu umumnya dianjurkan mengonsumsi suplemen demi mencukupi kebutuhan gizi ibu dan bayi. Sebuah studi terbaru mengungkap, asupan suplemen minyak ikan selama kehamilan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi dan melindungi dari pilek selama bulan awal kehidupan mereka.

Bayi yang ibunya diberi DHA, atau docosahexaenoic acid atau dikenal dengan asam lemak omega-3 yang ada dalam minyak ikan, lebih jarang sakit  dan pulih lebih cepat daripada bayi yang ibunya tak mengasup minyak ikan. Perbedaan kekebalan tubuh bayi yang ibunya minum minyak ikan pada semester 1 dan semester 2 kehamilan tidak terlalu signifikan.

Penulis utama studi, Usha Ramakrishnan, seorang peneliti di Akademi Kesehatan Masyarakat Rollins di Universitas Emory, mencatat, DHA memang bukan merupakan obat alami untuk flu. Namun, ia menambahkan, suplemen mungkin dapat membantu daya tahan dan sembuh lebih cepat.

"Temuan kami memberikan manfaat bagi kesehatan bayi," kata Ramakrishnan, seorang profesor di Departemen Kesehatan global Atlanta dalam studi pada edisi terbaru jurnal Pediatrics.

Ramakrishnan dan rekan-rekannya menguji 851 wanita hamil pada trisemester kedua kehamilan, hingga bayi lahir, sampai berusia enam bulan. Sekitar setengah wanita hamil diberi 400 miligram DHA setiap hari sejak trimester kedua. Sisanya, diberi plasebo.

Para ibu diwawancarai pada saat usia bayi mencapai satu bulan, dua bulan, tiga dan enam bulan. Ibu ditanyakan gejala pernapasan, seperti batuk, kongesti berdahak, dan hidung tersumbat. 

Bayi berusia satu bulan yang diberi minyak ikan mengalami waktu sakit yang lebih pendek disertai gejala pernapasan. Adapun efek kekebalan diperoleh dari penelitian sebelumnya, yaitu sel dapat bekerja lebih baik dengan asupan asam lemak omega 3.

Dr Samuel Parry, kepala pengobatan ibu dan anak di Universitas Pennsylvania menyatakan, perlu lebih banyak riset sebelum merekomendasikan suplemen minyak ikan kepada pasien.

"Kami tidak berpikir DHA merugikan kehamilan," katanya. "Tapi kami skeptis bahwa minyak ikan membantu mencegah pilek pada bayi." ujar Parry.

Anggota Pusat Penelitian Reproduksi dan Kesehatan Wanita ini juga menyarankan agar wanita hamil berhati-hati memilih suplemen selama kehamilan.

Anda Nurlaila | VIVAnews