pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


8 Dzulqa'dah 1442  |  Jumat 18 Juni 2021

Ibu Hamil Sering Berubah Mood

Ibu Hamil Sering Berubah MoodFiqhislam.com - Diliputi perasaan bahagia karena akan mendapat keturunan, ibu hamil konon juga merasakan beribu perasaan campur aduk menjadi satu. Perubahan suasana hati ini diduga karena perubahan hormon selama kehamilan sehingga memicu roller-coster emosi.

Perubahan bentuk tubuh seringkali menjadi faktor utama ibu hamil merasa terganggu. Selain itu, topik-topik pembicaraan tentang proses kelahiran hingga pengalaman keguguran sukses membuang ibu hamil menjadi mudah menangis, marah atau uring-uringan.

"Topik-topik pembicaraan yang menegangkan bisa memicu perasaan depresi, bingung, tidak sabaran, ragu, cemas atau bahkan tiba-tiba merasa kesepian," kata dr Suraiya Al-Jufrie saat ditemui di acara Healthy & Smart Mom Lactamil di Galaxy Mall, Minggu (23/10/2011).

Wanita yang menjabat sebagai ahli Obstetri dan Ginekologi di RS Surabaya Medical Service (SMS) ini pun mengimbau para ibu hamil. Dalam taraf hamil, seorang ibu baiknya bisa legowo atau menerima perubahan kondisi fisik. Ibu hamil juga disarankan untuk lebih giat merawat diri sendiri.

Sementara waktu untuk olahraga juga mesti diatur. Minimal, lanjut dia, ibu hamil giat berjalan kaki di sekitar tempat tinggal. Dan lagi, aktivitas sosial juga akan membantu ibu hamil untuk terus menumbuhkan semangat dalam diri.

"Ibu hamil memang harus menerima perubahan fisik. Selain itu, kehidupan sosial juga mesti dilakukan untuk mengatur mood dan emosi selama kehamilan hingga proses kelahiran," terangnya.

Norma Anggara - detikSurabaya