13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

Menyiapkan Kamar Nyaman untuk Calon Bayi

Menyiapkan Kamar Nyaman untuk Calon Bayi

Fiqhislam.com - Anda pasti bahagia bila sebentar lagi rumah Anda akan diceriakan oleh hadirnya seorang bayi. Untuk menyambut kedatangan buah hati Anda yang mungil dan lucu ini, ada baiknya Anda memberikan kamar terbaik, nyaman, dan aman untuknya. Nah, langkah apa saja perlu dipersiapkan?

Anda tak perlu berpikir harus membuat ruangan baru. Anda cukup memilih kamar yang telah ada dan pertimbangkan sisi ketenangannya bila dibandingkan dengan ruangan lainnya.

Perhatikan pula sirkulasi udara di dalam kamar untuk si bayi. Cukupkan udara sehat yang bisa mendukung kesehatannya. Caranya, pilih kamar yang berjendela dan berventilasi. Namun, minimalkan penggunaan pendingin udara di dalam ruangan ini.

Pencahayaan di dalam kamar bayi juga penting untuk kesehatannya. Manfaatkan jendela di kamar untuk memasukkan cahaya matahari karena dapat mencegah kelembaban.

Hal penting lain harus diperhatikan adalah peletakan ranjang bayi. Jangan sampai paparan matahari membuat matanya silau.

Agar mendukung semangat dan situasi di dalam kamar, pakailah warna-warna yang sesuai, seperti kuning, biru pastel, hijau pastel, yang disertai aksesoris atau gambar-gambar kartun untuk menghidupkan suasana kamar.

Sebagai tambahan, untuk mendukung kebersihan dan kerapian kamar Anda perlu menyiapkan tempat-tempat penyimpanan, seperti rak khusus baju, rak kain dan selimut, dan tempat perlengkapan bayi lainnya.

Anda juga perlu rutin mengganti seprei, selimut, atau kelambu yang mendukung tempat tidur si bayi. Terakhir, dari sisi keamanan, sebaiknya Anda memakai perabotan yang tidak berbau, tak beracun, tidak berujung runcing, dan kuat.

kompas.com
foto kompas.com