13 Safar 1443  |  Selasa 21 September 2021

basmalah.png

Ini Dia Pemicu Prilaku Shopaholic

Ini Dia Pemicu Prilaku ShopaholicFiqhislam.com - Apakah Anda ternasuk orang yang kalap saat berbelanja dan gemar menghabiskan uang di mal, plaza, atau factory outlet? Hati-hati, mungkin saja Anda sedang tertekan.

Para Peneliti dari Universitas Richmond dan Universitas Illinois, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa hasrat belanja yang berlebih bukan sekadar berkaitan dengan sikap materialistik, tetapi juga disebabkan oleh faktor kejiwaan, seperti kurang percaya diri, murung, gelisah dan mengalami tekanan jiwa.

Tiga peneliti Amerika, Nancy M. Ridgway, Monika Kukar-Kinney, dan Kent B. Monroe menciptakan sebuah teori untuk mengukur karakter berbelanja seseorang yang berlebihan dan sukar dikendalikan.

"Teori itu bertujuan untuk mengenal pasti pelanggan yang mempunyai keinginan kuat untuk berbelanja, sering berbelanja banyak dan sulit menahan hasrat untuk terus membeli," kata mereka.

”Karakter seperti itu akan berdampak langsung bagi keseimbangan financial dan pertengkaran keluarga yang melibatkan keuangan,” tambah mereka.

Para peneliti ini juga menyimpulkan bahwa individu yang berpenghasilan tinggi dan gemar berbelanja tanpa kendali, memiliki risiko kecil untuk bertengkar dengan anggota keluarga walaupun nafsu berbelanja mereka itu sulit dikendalikan.

Dahlia Krisnamurti | inilah.com