19 Rabiul-Awal 1443  |  Senin 25 Oktober 2021

basmalah.png

Asam Folat Tercukupi selama Hamil Cegah Bayi Lahir dengan Bibir Sumbing

Asam Folat Tercukupi selama Hamil Cegah Bayi Lahir dengan Bibir Sumbing

Fiqhislam.com - Kehamilan adalah momen penting, apapun yang terjadi selama hamil akan memengaruhi bayi yang ada di dalam kandungan. Salah satunya adalah memastikan kecukupan asam folat.

Ya, nutrisi satu ini cukup penting selama kehamilan. Menurut Dokter Spesialis Bedah Plastik dr Yantoko SpBP, asam folat sangat diperlukan karena yang menentukan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

"Asam folat merupakan protein pertumbuhan. Jika asam folatnya tercukupi dengan baik, maka pertumbuhan otak hingga jaringan tubuh si bayi akan sempurna. Kalau asam folatnya kurang, maka bisa menyebabkan kelainan atau kecacatan seperti bibir sumbing," terang dr Yantoko.

Kekurangan asam folat selama kehamilan tak hanya bisa meningkatkan risiko bibir sumbing, tapi bisa juga kelainan cacat lain.

"Karena itu, penting banget asupan asam folat selama kehamilan muda, khususnya di trimester pertama. Kami selalu sarankan ibu yang tengah hamil muda rutin memantau kandungannya untuk dapat mendapat saran terbaik untuk pertumbuhan janinnya," saran dr Yantoko.

Menjadi catatan di sini adalah asupan asam folat yang tercukupi tak hanya selama kehamilan, tetapi lanjut terus sampai bayi dilahirkan dan dia bertumbuh. Artinya, sambung dr Yantoko, asam folat harus tercukupi khususnya selama 1.000 hari pertama kelahiran.

Lantas, sumber terbaik mendapatkan asam folat itu dari mana?

"Asam folat bisa didapat dari susu, kacang-kacangan, telur, ikan, atau sumber protein lainnya," jawab dr Yantoko. [yy/sindonews]

 

 

Tags: Asam Folat | Bumil | Hamil | Bayi