fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


30 Sya'ban 1442  |  Senin 12 April 2021

Macam-Macam Vitamin yang Dibutuhkan Setiap Wanita

Macam-Macam Vitamin yang Dibutuhkan Setiap Wanita

Fiqhislam.com - Kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda. Wanita membutuhkan vitamin yang berbeda pada usia tertentu. Mereka cenderung membutuhkan lebih banyak nutrisi dibandingkan pria. Kebutuhan nutrisi ini terus berubah pada berbagai tahap kehidupan wanita.

Pola makan yang sehat dan bervariasi yang mengandung semua jenis nutrisi sangat penting bagi seorang wanita. Seorang wanita melewati berbagai tahapan seperti pubertas, siklus menstruasi, kehamilan, masa pasca melahirkan dan menopause sepanjang hidupnya.

Pada setiap tahap, vitamin tertentu dibutuhkan untuk menjaganya tetap sehat dan bergerak. Perhatian khusus harus diberikan pada kebutuhan wanita akan vitamin. Tubuh wanita tumbuh pada berbagai tahap kehidupan dan membutuhkan perawatan khusus. Wanita membutuhkan asupan vitamin tambahan.

Seorang wanita hamil membutuhkan jenis vitamin yang berbeda dibandingkan dengan wanita yang masih remaja dan seorang wanita yang mengalami menopause memerlukan beberapa jenis vitamin yang berbeda. Karena perubahan hidup ini, wanita membutuhkan perawatan yang tepat dan pola makan sehat yang akan memberinya semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Berikut lima vitamin yang dibutuhkan setiap wanita dilansir dari Times Now News, Sabtu (6/3).

1. Vitamin B12

Ini adalah vitamin yang sangat penting. Vitamin B12 mengubah makanan menjadi glukosa dan membantu menghasilkan energi. Seorang wanita membutuhkan banyak energi dalam tubuh, inilah mengapa vitamin khusus ini dibutuhkan dalam jumlah yang sangat besar untuk meningkatkan metabolisme dan membuat tetap sehat dan bergerak.

2. Asam Folat

Jika seorang wanita berencana untuk hamil, atau jika dia sedang hamil, konsumsi asam folat adalah suatu keharusan. Ini sangat penting bagi wanita yang sedang hamil. Asam folat mengurangi risiko masalah neurologis dan penyakit kronis lainnya. Vitamin ini sangat sehat untuk wanita dan juga bayinya.

3. Vitamin K

Lebih banyak wanita meninggal karena serangan jantung dan penyakit jantung lainnya dibandingkan dengan pria. Vitamin K mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan menjaga kesehatan jantung sehingga setiap wanita harus memasukkan vitamin K ke dalam makanannya. Ini juga meningkatkan kekuatan tulang dan memperlancar sirkulasi darah.

4. Magnesium

Magnesium sangat baik untuk PMS (premenstrual syndrome). Magnesium mengurangi rasa sakit dan juga mengangkat suasana hati. Diketahui untuk mengobati fluktuasi suasana hati yang sangat umum selama sindrom pra-menstruasi. Seorang wanita yang telah mencapai masa pubertasnya harus memastikan bahwa dia mengonsumsi cukup magnesium dalam makanan sehari-harinya.

5. Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu vitamin terpenting. Ini melindungi dan meningkatkan sistem kekebalan dan membuat kuat secara fisik dan mental. Banyak wanita kekurangan vitamin D sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, diabetes dan juga asma. Agar tetap sehat, seorang wanita harus mendapatkan vitamin D yang cukup setiap hari. [yy/sindonews]