20 Jumadil-Akhir 1443  |  Minggu 23 Januari 2022

basmalah.png
PEREMPUAN

Pelupa Saat Hamil Pertanda Baik

Pelupa Saat Hamil Pertanda BaikFiqhislam.com - Kehamilan membuat Anda merasa jadi lebih pelupa? Anda tak sendiri, banyak wanita yang mengeluhkan hal ini. Jangan menganggap kondisi ini sebuah dampak buruk.

Itu karena menurut peneliti, lebih pelupa saat hamil, justru jadi pertanda baik. Menurut Laura Glynn, seorang psikolog di Chapman University, California, perubahan otak pada wanita saat hamil, karena mereka lebih berkonsentrasi kebutuhan bayi. Sehingga, sulit fokus untuk hal lain, misalnya, letak kunci atau jadwal belanja. Hal ini juga disebabkan oleh fluktuasi hormon secara signifikan yang dipicu gerakan janin.

"Ada 'harga' yang harus dibayar dari perubahan ini, seperti menjadi pelupa. Tetapi keuntungan bagi wanita hamil jadi pelupa adalah mereka jadi lebih sensitif dan menjadi ibu yang baik," kata Laura Glynn, seperti dikutip dari Daily Mail.

Ia juga menjelaskan mengapa gerakan janin di rahim bisa berdampak langsung pada otak, dan membuat ibu jadi lebih sensitif meskipun wanita mungkin tidak menyadari gerakan-gerakan janin akan meningkatkan detak jantung ibu.

"Kehamilan merupakan periode kritis dalam perkembangan saraf ibu," kata Glynn, yang hasil penelitiannya dipublikasi dalam Journal Current Directions In Psychological Science.

Sel-sel dari janin akan masuk ke dalam aliran darah ibu yang juga akan mempengaruhi cara kerja otaknya. "Ini menarik, mengetahui sel-sel yang tertarik yang memengaruhi daerah tertentu di otak ibu," ujar Glynn.

vivanews.com