fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


3 Ramadhan 1442  |  Kamis 15 April 2021

Jangan Coba-coba 7 Diet Ekstrem Berikut, Ada yang Akibatnya Sampai Sulit Bicara

Jangan Coba-coba 7 Diet Ekstrem Berikut, Ada yang Akibatnya Sampai Sulit Bicara

Fiqhislam.com - Jangan nekat ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Jika melakukan diet ekstrem, itu sama saja menyakiti tubuh dan tak menutup kemungkinan kamu bakal sakit.

Mengutip laman Sehatq, ada tujuh diet ekstrem yang berbahaya bagi kesehatan. Alih-alih punya tubuh ramping, kamu malam masuk rumah sakit karena mal nutrisi, terkena maag, atau penyakit lainnya. Diet ekstrem juga berdampak buruk pada kesehatan mental.

Berikut diet ekstrem yang berbahaya untuk tubuhmu:

Diet kapas

Diet kapas merupakan metode diet ekstrem yang berbahaya untuk kesehatan, terutama pencernaan. Pelaku diet kapas ini sengaja memasukkan kapas ke dalam jus atau smoothie yang mereka konsumsi. Tujuannya, merasa kenyang lebih lama.

Diet jenis ini jelas berbahaya karena kapas mengandung bahan kimia seperti pemutih. Kapas yang masuk ke dalam tubuh juga berisiko menyumbat saluran pencernaan.

Diet cacing pita

Diet cacing piat juga termasuk diet ekstrem. Diet ini mulai populer di awal abad ke-20. Orang yang menerapkan diet cacing pita mengkonsumsi tablet yang mengandung telur cacing pita. Telur-telur tersebut akan menetas dalam sistem pencernaan.

Setelah menetas, cacing pita akan memakan makanan dan nutrisi yang kamu butuhkan. Berat badan bisa turun tapi kamu juga bakal kekurangan gizi karena nutrisi makanan habis disantap oleh cacing pita. Beberapa gangguan kesehatan akibat diet ini antara lain mual, diare, dan perut melilit.

Bahkan tak menutup kemungkinan cacing pita yang menjadi parasit di tubuh itu akan menjelajah ke berbagai organ tubuh melalui sistem peredaran darah. Caacing pita bisa masuk ke mata, otak, atau sumsum tulang belakang. Akibatnya, orang tersebut bisa sakit kepala hebat, kejang-kejang, mengalami mati rasa pada bagian tubuh tertentu, bahkan sampai meninggal.

Diet sup kol

Jangan terkecoh dengan nama diet sup kol yang terdengar menyehatkan. Musababnya, orang yang menerapkan diet ini memang hanya mengkonsumsi sup kol, tidak lebih. Tentu pelaku diet sup kol bakal kekurangan nutrisi.

Diet makanan bayi

Beberapa tokoh menerapkan diet makanan bayi demi menurunkan berat badan. Memang makanan bayi rendah kalori. Namun kandungan nutrisinya tentu tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan gizi orang dewasa. Orang dewasa tetap membutuhkan makanan padat yang kaya nutrisi untuk kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.

Diet putri tidur

Diet putri tidur membuat seseorang lebih mementingkan tidur ketimbang makan. Bahkan supaya terus terlelap, orang yang menjalani diet putri tidur akan terus mengkonsumsi obat tidur agar dia merasa mengantuk. Selain kekurangan nutrisi karena tidak makan, pelaku diet putri tidur juga akan merasakan efek samping dari kebanyakan minum obat tidur.

Diet serba cair

Beyonce pernah menerapkan diet ini. Dia hanya mengkonsumsi berbagai cairan, seperti air putih, jus, teh herbal, sebanyak 6 sampai 12 gelas setiap hari selama sepuluh hari. Hanya saja, Beyonce tentu menerapkannya dengan lebih dulu berkonsultasi kepada ahli gizi. Sebab, efek samping dari diet serba cair ini adalah kekurangan nutrisi. Diet serba cair juga membuat pelaku dietnya merasa cepat lapar, lemas, dan mudah marah.

Diet jahit lidah

Ini diet yang benar-benar nekat. Diet ekstrem jahit lidah dilakukan dengan menjahit patch plastik pada lidah supaya orang tidak nyaman saat makan. Akibatnya, nafsu makan anjlok, hanya minum berbagai cairan, dan berat badan turun. Perlu diketahui diet jahit lidah amat menyakitkan. Metode jahit lidah juga dapat membuat lidah bengkak dan sulit bicara. [yy/tempo]

 

Tags: Diet | Mall Nutrisi | Maag