22 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 28 Oktober 2021

basmalah.png

Kapan Usia Ideal untuk Hamil?

Kapan Usia Ideal untuk Hamil?Fiqhislam.com - Setiap usia memang memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri bagi kehamilan. Namun idealnya, kehamilan terjadi di usia reproduksi, yakni usia 25-35 tahun.

Menurut dr. Damar Pramusinto, SpOG, ahli fetomaternal dari FKUI/RSCM, di usia 25-35 tahun secara fisik sangat ideal untuk menikah dan hamil karena di usia ini fungsi organ reproduksi masih optimal. Kematangan mental dan emosional di usia ini juga jauh lebih siap.

"Sebenarnya tidak ada larangan untuk hamil di atas usia 35 tahun. Tetapi, harus disadari bahwa risikonya tidak nol lagi seperti saat usia lebih muda," katanya dalam acara talkshow bertema nutrisi dan kehamilan yang diadakan oleh Sari Husada di Jakarta, Selasa (17/1/2012).

Ia menjelaskan, di atas usia 35 tahun biasanya mulai terjadi penurunan kondisi sel telur dan sel sperma sehingga proses pembelahan sel telur yang sudah dibuahi juga sering terganggu. Kendati begitu, menurut dia, kelainan genetik yang sering ditemukan pada kehamilan usia rawan di Indonesia cukup jarang dibandingkan dengan di negara maju.

"Di negara maju laporan akan kasus kelainan genetik pada kehamilan di usia rawan cukup tinggi," paparnya.

Meski angkanya rendah, tetapi dr. Damar tetap menyarankan agar pasangan yang ingin memiliki anak di usia rawan melakukan pemeriksaan kesehatan dan juga pemeriksaan genetik.

"Untuk wanita yang berusia di atas 35 tahun dan pria di atas usia 50 tahun sebaiknya lakukan pemeriksaan genetik," paparnya.

Pada usia 35 tahun, risiko kelainan genetik adalah satu banding 1.000 kehamilan, sedangkan untuk wanita di usia 50 tahun risikonya melonjak menjadi satu banding empat kehamilan.

health.kompas.com