28 Safar 1444  |  Minggu 25 September 2022

basmalah.png

Bisa Perbanyak ASI, Plasenta Bayi Dijual Rp 2,4 Juta

Bisa Perbanyak ASI, Plasenta Bayi Dijual Rp 2,4 JutaFiqhislam.com - Plasenta bayi dipercaya memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah memperlancar produksi ASI. Kini, seorang bidan di Inggris menjual kapsul berisi plasenta bayi tersebut seharga Rp 2,4 juta.

Caroline Baddiley mengumpulkan plasenta-plasenta tersebut dari ibu-ibu yang baru beberapa jam melahirkan. Plasenta tersebut kemudian dimasaknya di dalam sebuah steamer selama 20 menit. Ia mengeringkan plasenta itu dalam mesin pengering makanan (food dehydrator) selama 12 jam, lalu menggiling plasenta tersebut menjadi bubuk agar bisa dengan mudah ditaruh ke dalam kapsul.

"Plasenta punya banyak manfaat. Aku pikir dengan mengawetkannya, manfaat yang ada di sana bisa dikembalikan ke ibu. Manfaat plasenta selama ini sudah banyak didokumentasikan," jelas Baddiley, seperti dikutip Daily Mail.

Plasenta yang menjadi sumber makanan bayi saat masih dalam kandungan memang dipercaya memiliki banyak manfaat. Beberapa yang melakukan hal ini mengatakan mereka juga terinspirasi dari binatang yang sering memakan plasenta bayinya usai melahirkan. Kandungan zat besi dan vitamin B dalam plasenta diharapkan bisa membantu menurunkan risiko depresi pasca melahirkan dan memperlancar produksi ASI.

Baddiley menyediakan layanan pribadi untuk mengantarkan kapsul-kapsul plasenta tersebut. Ia yakin, dengan dibuat menjadi kapsul, para ibu jadi lebih merasa tertarik untuk mengonsumsinya ketimbang dalam bentuk utuh.

"Konsumenku tidak perlu mencium bau atau merasakannya sama sekali," tuturnya.

Baddiley meyakinkan proses pembuatan plasenta itu hingga menjadi kapsul sangat higienis. Ia mendapatkan plasenta itu langsung dari para ibu yang baru saja melahirkan.

"Si ibu harus menandatangani kontrak perjanjian denganku dan setelah dia melahirkan, suaminya meneleponku dan aku datang untuk mengambil plasentanya," kisah Baddiley.

Menurut Baddiley, kapsul plasenta tersebut manfaatnya mirip dengan obat-obatan herbal. Biasanya plasenta yang berukuran besar bisa dibuatnya menjadi 90-12 kapsul.

Eny Kartikawati - wolipop