10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

8 Kebiasaan Sehat untuk Sukseskan Penurunan Berat Badan

Fiqhislam.com - Motivasi dan keinginan kuat saja tidak cukup untuk membantu Anda menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh ideal.

8 Kebiasaan Sehat untuk Sukseskan Penurunan Berat BadanAnda membutuhkan strategi yang pintar, bijaksana dan matang untuk mewujudkan bentuk tubuh yang diidamkan. Salah satunya dengan menjalankan kebiasaan-kebiasaan tertentu dengan konsisten. Berikut ini delapan kebiasaan sehat untuk menyukseskan program penurunan berat badan dengan lebih efektif, seperti dilansir Health Me Up.

1. Fokus pada Target
Jika Anda memiliki celana jeans atau shift dress yang selalu Anda impikan dapat memakainya suatu hari, gantunglah mereka di tempat yang sangat terlihat, misalnya di balik pintu atau depan lemari. Cara ini dapat menjadi motivasi bagi Anda, sehingga setiap kali tergoda untuk makan makanan yang digoreng dan camilan tinggi lemak serta gula, ingatlah baju yang Anda gantung, kalau perlu simpan fotonya di ponsel sebagai pengingat agar tekad Anda untuk menurunkan berat badan kembali kuat.

2. Jangan Makan Camilan Langsung dari Kemasannya
Memakan makanan atau camilan langsung dari kemasannya, akan membuat Anda tergoda untuk terus mengunyahnya sampai habis. Untuk mengantisipasinya, tuangkan makanan sebanyak yang Anda mau ke dalam piring, lalu simpan sebagian yang masih tersisa dalam kemasan di lemari. Makanlah hanya yang tersedia di atas piring. Begitu habis, tahanlah keinginan untuk menuangkan makanan lagi ke piring. Kontrol visual sangat disarankan saat Anda ingin mengurangi berat badan. Simpanlah camilan-camilan di tempat yang tidak dapat Anda lihat setiap saat.

3. Jangan Lupakan Sarapan Pagi
Setiap pagi tubuh Anda membutuhkan asupan makanan yang cukup untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Salah satu keuntungan terbesar sarapan adalah dapat membantu menstabilkan hormon dan menahan hasrat makan yang berlebihan.

4. Memasak dengan Hati-hati
Dalam satu hari buatlah makanan yang bergizi yang dimasak dengan penuh perhitungan. Temukan cara untuk membuat perubahan secara bertahap dengan makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran. Ini adalah cara yang ideal untuk menurunkan berat badan. Namun saat berbelanja, pilihlah buah dan sayuran yang segar. Serta hindari buah yang punya noda hitam, penyok, terlalu lembut atau terpotong.

5. Makan Karbohidrat
Selain serat, karbohidrat yang baik juga kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi. Makanan dengan karbohidrat kompleks memiliki tingkat glycemic indexrendah, yang berguna dalam pengaturan kadar gula darah dan produksi insulin. Selain itu juga menyediakan energi untuk memaksimalkan manfaat kesehatan. Makanan yang termasuk karbohidrat kompleks adalah produk gandum utuh, buah-buahan, kentang, beras merah, kacang-kacangan dan biji-bijian.

6. Konsumsi Pisang
Pisang adalah bagian dari diet yang sehat, tetapi bukan berarti Anda hanya boleh makan pisang. Tidak ada satu makanan yang dapat menurunkan berat badan dengan sendirinya. Namun beberapa di antaranya dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan makanan lain yang dikonsumsi dalam satu hari. Pisang merupakan makanan yang padat gizi, kaya akan karbohidrat, serat, vitamin, mineral, dan energi. 100 gram pisang berisi sekitar 90 kalori.

7. Kendalikan Porsi Makan
Mengontrol porsi makan, berarti mengendalikan porsi makanan yang Anda konsumsi. Karena semakin banyak Anda makan, maka semakin banyak pula kalori yang harus dihitung dalam sehari itu. Untuk mempertahankan berat badan yang sehat, mengontrol porsi makan menjadi sangat penting.

8. Jadikan Olahraga Sebagai Prioritas
Kebanyakan orang membuat jadwal olahraga di urutan belakang dalam daftar prioritas kegiatan rutin yang harus dilakukan. Padahal, dengan berolahraga dapat membantu mengelola berat badan Anda dan memberikan gaya hidup yang lebih sehat. Jadi masukkan olahraga dalam kebiasaan rutin Anda setiap hari. Cukup luangkan waktu satu jam lebih awal saat Anda bangun setiap pagi atau pada malam hari sebelum tidur untuk jogging, jalan cepat atau bersepeda.

Devina Nuryani - wolipop