4 Jumadil-Awal 1443  |  Rabu 08 Desember 2021

basmalah.png

Pil Jamu, Cara Alami Merawat Ibu 40 Hari

Fiqhislam.com - Sehabis bersalin, perempuan membutuhkan perawatan untuk memulihkan fisik yang mengalami perubahan.

Pil Jamu, Cara Alami Merawat Ibu 40 HariPerawatan selama masa pemulihan pascamelahirkan, atau 40 hari masa nifas punya dampak penting bagi ibu juga bayinya. Dengan perawatan fisik yang baik, ibu lebih nyaman beraktivitas termasuk merawat bayi juga menikmati momen awal membangun kedekatan emosional dengan bayi pascabersalin. Kualitas hidup perempuan lebih meningkat, ketika ia merasakan kenyamanan secara fisik juga psikis selama masa nifas.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat tubuh pascabersalin. Salah satu cara tradisional yang bertahan dan dipraktikkan puluhan tahun adalah mengonsumsi jamu pascabersalin. Racikan jamu menggunakan rempah alami dari resep warisan keluarga Njonja Meneer misalnya, bertahan dengan keasliannya selama 93 tahun. Resep ini kemudian diformulasikan kembali, untuk mendukung ibu muda masa kini yang menyukai jamu dan meyakini khasiatnya, namun menginginkan kepraktisan saat mengonsumsinya.

Menjawab kebutuhan kalangan urban, merek jamu ternama dari Indonesia Njonja Meneer meluncurkan pil jamu untuk merawat ibu pascabersalin. Menggunakan logo baru, termasuk nama merek memakai ejaan lama, Njonja Meneer memodifikasi produk jamu ibu habis bersalin menyesuaikan kondisi zaman, dengan mengenalkan paket perawatan 40 hari Pil Djamu Habis Bersalin Signature.

Direktur Utama PT Njonja Meneer, Charles Saerang mengatakan paket perawatan 40 hari pascabersalin ini pertama kali dikeluarkan pada 1919. Namun pada 2012 ini, Njonja Meneer melakukan inovasi dengan menghadirkan produk jamu dalam kemasan baru. Paket perawatan 40 hari ini terdiri dari lima jenis pil berbeda, parem, tapel dan pilis yang diracik dari rempah untuk mengembalikan kesehatan dan kecantikan ibu sesudah melahirkan.

Charles menjelaskan, selain bentuknya yang berbeda yakni berupa pil, paket jamu perawatan untuk ibu di masa nifas ini juga diperkaya dengan sejumlah bahan rempah dengan ragam kegunaannya. "Dibandingkan produk lainnya, jamu ini terbuat dari bahan beraroma lebih sedap, bahan jamu lebih halus, dan lebih berkhasiat. Pil jamu dikonsumsi dalam lima tahap selama masa nifas. Pil jamu pada setiap tahapan mengandung tambahan bahan yang memiliki ragam kegunaan sesuai kebutuhan pemulihan ibu di setiap tahap tersebut," jelas Charles saat jumpa pers di Hotel InterContinental MidPlaza Jakarta, Rabu (22/2/2012) lalu.

Pascabersalin, ibu melewati masa pemulihan 40 hari secara bertahap dengan setiap tahapan memiliki kebutuhan berbeda. Artinya, perawatan pada tahapan pemulihan awal tujuh hari pertama berbeda dengan perawatan pada tahap terakhir, hari ke 30-40 masa nifas. Itulah sebabnya, pil jamu terbaru dari Njonja Meneer ini sengaja diracik menyesuaikan kebutuhan setiap tahapan.

Pil satu yang diperkaya dengan kunyit dan temu ireng dibutuhkan pada tahap awal pemulihan. Pil dua dengan daun katuk dan temulawak dikonsumsi pada tahap kedua, hari ke 7-14 masa nifas. Pil tiga mengandung sirih dan beluntas dibutuhkan ibu pada tahapan ketiga pemulihan (hari ke 14-21) untuk mengatasi keputihan. Pil empat dengan temulawak dan ginseng, dapat mengembalikan vitalitas ibu pascabersalin. Pil lima dengan daun sena dan kemuning, merawat tubuh ibu agar kembali ideal.

"Di dalam kemasan paket jamu ini sudah ada penjelasan mengenai cara konsumsinya. Semuanya dalam bentuk pil sehingga tidak ada rasa pahit saat mengonsumsinya," jelas Lily Siswanto, Public Relations dan Beauty Consultant Njonja Meneer.

Lily menambahkan, pil jamu dibutuhkan sebagai perawatan pada masa nifas karena umumnya ibu mengalami mules atau kembung dan berbagai keluhan lainnya pascabersalin. Menurutnya, pil jamu juga dapat menghilangkan aroma tak sedap pascabersalin juga merampingkan kembali tubuh ibu.

Sementara parem bermanfaat untuk merileksasi tubuh ibu setelah lelah menjalani proses bersalin. Tapel yang juga termasuk dalam paket perawatan ini berguna untuk menjaga bentuk perut agar tidak besar pascabersalin dan menjadikannya kembali normal. Sedangkan pilis dengan sensasi dingin dapat membantu mengembalikan kondisi fisik kembali normal termasuk pandangan mata yang kabur pascabersalin.

"Biasanya setelah melahirkan normal darah putih naik, menyebabkan pandangan mata tidak jelas. Pilis bisa membantu masalah ini," kata Lily.

Mengenai kekhawatiran yang muncul terhadap jamu pascabersalin untuk ibu melahirkan caesar, Charles berpendapat, "Tidak ada masalah jika ibu yang melahirkan caesar ingin minum pil jamu habis bersalin ini. Tapi jangan pakai tapel. Pakai parem dan pilis saja," jelasnya.

kompas.com