7 Rajab 1444  |  Minggu 29 Januari 2023

basmalah.png

Rahasia Sehat saat Menstruasi

Rahasia Sehat saat Menstruasi Fiqhislam.com - Rasa nyeri saat menstruasi dapat diatasi dengan menjaga pola makan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda tiru supaya Anda tetap sehat dan bugar meski sedang menstruasi.

1. Hindari kafein : mengurangi atau menghentikan kefein selama menstruasi merupakan langkah yang bijak. Kefein bisa membantu mengurangi rasa kembung dan menenangkan perut yang teriritasi. Selain itu kafein juga membuat bertambahnya asam lemak dan melukai perut yang sensitif.

2. Cukupi kalsium : perempuan membutuhkan setidaknya 1200 mg kalsium setiap hari, terlebih saat menstruasi. Untuk itu cukupi asupan kalsium Anda. Beberapa sumber kalsium terbaik dapat Anda temukan di brokoli, togurt, dan kubis.

3. Kurangi garam : saat menstruasi Anda juga perlu mengurangi asupan garam. Meski garam sangat penting untuk kesehatan, kembung dan berkurangnya penyimpanan air bisa terjadi jika Anda terlalu banyak garam. Batasi garam menjadi 2300 miligram per hari atau sekitar satu sendok teh. Untuk cara terbaik, jauhi jenis makanan cepat saji atau Anda bisa mengkonsumsi jenis makanan rumahan.

4. Makanan kaya magnesium :  makanan yang mengandung magnesium diyakini mengurangi kembung pada perempuan yang sedang menstruasi. Buncis, tahu, dan kacang bisa menjadi penawarnya.

5. Air putih dan vitamin : cukupi tubuh dengan perbanyak minum air putih dan jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin, terutama vitamin B6 yang membantu mengatasi kembung dan memperbaiki mood. Vitamin ini bisa ditemukan di kentang, pisang, dan oatmeal. Selain itu vitamin C dan zinc yang mendukung kesehatan reproduksi telur pada perempuan.

6. Bersahabat dengan cokelat : konsumsilah jenis dark chocolate setiap hari selama menstruasi. Dark chocolate akan menyumbangkan antioksidan dan serotonin yang membuat mood lebih baik.

mediaindonesia.com