pustaka.png.orig
basmalah.png.orig


3 Dzulqa'dah 1442  |  Minggu 13 Juni 2021

Persalinan Normal Setelah Caesar Lebih Berisiko

Fiqhislam.com - Para ibu yang berencana melahirkan secara normal setelah sebelumnya menjalani operasi caesar sebaiknya memikirkan kembali niat tersebut.

Persalinan Normal Setelah Caesar Lebih Berisiko Sebab, menurut peneliti Autralia, perempuan yang melahirkan anak kedua dengan normal stelah sebelumnya menjalani operasi kan memiliki risiko lebih tinggi terhadap kesehatan.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 2.300 perempuan di 14 rumah sakit di Australia yang sedang mempersiapkan kelahiran anak kedua mereka. Sekitar setengahnya mendaftar untuk kelahiran normal setelah caesar, atau VBAC, dan setengah lainnya memilih untuk mengulang operasi.

Perempuan yang merencanakan mengulangi caesar memiliki risiko komplikasi lebih rendah daripada mereka yang memilih untuk melahirkan secara normal. Risiko komplikasi misalnya pendarahan 2,3 persen lebih mungkin terjadi pada perempuan yang melahirkan normal jika dibandingkan dengan 0,8 persen pada mereka yang merencanakan caesar.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE ini yang bertujuan membandingkan perempuan dan menilai risiko masing-masing.

Peneliti Caroline Crowther dari Pusat Penelitian Australia untuk Kesehatan Perempuan dan Bayi, bagian dari University of Adelaide, menyatakan, "Informasi dari studi ini akan membantu para ibu, dokter, dan pembuat kebijakan untuk mengembangkan saran kesehatan dan membuat keputusan tentang perawatan bagi perempuan yang telah menjalani caesar sebelumnya."

Kelahiran secara caesar memang sedang berkembang di seluruh dunia, Jumlah operasi ini menyumbang hampir sepertiga dari semua kelahiran di Australia. Sebagian besar ibu memilih persalinan kedua mereka dengan mengulang C-section.

mediaindonesia.com