13 Rajab 1444  |  Sabtu 04 Februari 2023

basmalah.png

Tips Agar Nyaman Bepergian Saat Hamil

Fiqhislam.com - Wanita hamil biasanya ragu untuk bepergian jauh, terutama saat menumpang pesawat terbang. Nyatanya, travelling bukanlah hal yang 'tabu' atau terlarang bagi wanita yang sedang mengandung.

Tips Agar Nyaman Bepergian Saat HamilMemang ada hal-hal khusus yang harus diperhatikan demi kenyamanan dan keamanan sang ibu maupun calon bayi, tapi bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Jika Anda sedang mengandung besar dan ingin bepergian, ini dia beberapa tipsnya, seperti dilansir Disney Family.

1. Banyak Bergerak
Baik itu berkendara dengan pesawat, kereta, bus atau mobil pribadi, wanita hamil lebih berisiko mengalami pembekuan atau penggumpalan darah dibandingkan wanita yang tidak hamil. Oleh sebab itu saat bepergian jauh, berdiri dari kursi dan jalan beberapa langkah setiap satu atau dua jam sekali. Minumlah air putih yang banyak dan kenakan celana olahraga dari spandex atau stocking untuk meningkatkan sirkulasi darah.

2. Bawa Makanan Sehat
Sangat penting bagi wanita hamil untuk sering-sering mengonsumsi makanan bernutrisi selama perjalanan. Sebaiknya tidak membeli makanan siap saji atau snack di jalan, jadi siapkan bekal sendiri yang terjamin kesehatan dan nutrisinya. Tak perlu makanan berat seperti nasi lengkap dengan lauk pauknya. Cukup bawa beberapa camilan sehat seperti wortel rebus, pisang, apel, kacang-kacangan, buah kering atau keju organik.

3. Kenakan Sepatu yang Nyaman
"Wajar kalau Anda ingin tampil lebih stylish dengan sepatu hak tinggi, tapi itu perbuatan bodoh," ujar Jamie Pearson, pendiri website TravelSavvyMom.com.

Saat hamil, kaki biasanya menjadi bengkak akibat melebarnya pembuluh darah karena meningkatkan hormon progesteron di tubuh. Untuk memastikan perjalanan Anda menyenangkan, sebaiknya kenakan sepatu atau sandal yang nyaman dan sedikit longgar. Sebagai pencegahan terpeleset atau jatuh, kenakan sepatu bertali seperti sneakers.

4. Bawa Bantal
Saat hamil, bagian punggung dan pinggang belakang biasanya lebih mudah pegal. Untuk mengatasinya, tempatkan bantal kecil di kursi tempat Anda duduk. Ketika bepergian dengan pesawat dan terlalu repot untuk membawa bantal sendiri, minta pada pramugari bantal tambahan. Menempatkan satu atau dua bantal di bawah kaki, di bawah perut dan di belakang punggung akan membuat perjalanan Anda terasa lebih nyaman.

5. Pakai Busana Longgar
Sistem pencernaan akan bekerja perlahan saat wanita mengandung. Ini artinya, lebih banyak gas yang terakumulasi dalam perut. Saat pesawat lepas landas dan terjadi penurunan tekanan udara, gas di dalam tubuh akan bertambah dan membuat perut semakin besar. Kenakanlah pakaian yang longgar untuk mengantisipasi hal tersebut. Jangan lupa konsumsi makanan ringan dan minum banyak air.

wolipop.detik.com