15 Syawal 1443  |  Selasa 17 Mei 2022

basmalah.png

Penuhi Gizi Ibu Pasca Persalinan

Fiqhislam.com - Pascapersalinan, bukan berarti Anda bebas memakan apa saja yang diinginkan. Ingat, Anda masih harus menjaga pola makan seperti masa kehamilan supaya menghasilkan ASI yang bernutrisi bagi bayi Anda.

Penuhi Gizi Ibu Pasca Persalinan Bayi akan mengambil nutrisi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, kita mesti hati-hati terhadap bakteri dari sayuran yang belum dicuci, susu yang tidak dipasteurisasi, air tanpa filter, atau daging mentah. Berikut adalah menu sehat yang disarankan bagi para ibu yang baru saja mengalami persalinan:

Ahli gizi Dr Shilpa Joshi menekankan pentingnya makanan sehat tanpa batasan selain minyak dan rempah-rempah. "Ibu membutuhkan energi ekstra, setidaknya dalam enam bulan pertama karena ia akan menyusui bayi," katanya. "Jadi dia perlu makan lebih banyak kalori, yang akan berasal dari makanan kecil yang kaya akan protein seperti kacang-kacangan.

Karena seorang ibu baru menderita kehilangan darah, kadar zat besi nya bisa tidak seimbang. Bayam bisa memenuhi kebutuhan zat besi dan sebaiknya dimakan sejak masih hamil. Ibu juga akan membutuhkan banyak kalsium. Anda bisa mendapatkan dari meminum susu atau bahan makanan berbahan dasar susu seperti keju.

Memang akan banyak tantangan dalam menyusui. Ibu juga kemungkinan mengalami sembelit, biasanya ini dapat diatasi dengan obat, tetapi karena obat juga akan mengalir pada bayi, lebih baik mengambil tindakan pencegahan. Maka itu, ibu juga harus memenuhi kebutuhan cairan dan seratnya. Perbanyak minum air dan buah-buahan seperti papaya, semangka, dan melon.

mediaindonesia.com