13 Rabiul-Awal 1443  |  Rabu 20 Oktober 2021

basmalah.png

7 Perubahan Memalukan Saat Hamil

Fiqhislam.com - Kehamilan tidak hanya mengubah hidup Anda, tapi juga mengubah bentuk tubuh. Bahkan di antara perubahan itu seperti ada yang aneh, sehingga tak jarang membuat Anda malu.

7 Perubahan Memalukan Saat Hamil"Begitu banyak hal terjadi pada tubuh wanita ketika hamil, dan sebagian besar mengejutkan: pertumbuhan rambut di perut, bersendawa dan sembelit, peningkatan keputihan, dan wasir," kata Michele M. Hakakha, MD, sebuah ob-GYN di praktek swasta di Beverly Hills, California.

Seperti dilansir dari WebMD berikut tujuh perubahan dalam tubuh yang terkadang membuat malu seorang wanita yang sedang hamil.

1. Sering kentut

Ini disebabkan karena tubuh memproduksi hormon lebih banyak sehingga memperlambat saluran pencernaan yang menyebabkan kelebihan gas dan kembung di hampir setiap wanita hamil. Anda tidak mungkin bisa mengontrol otot-otot perut Anda untuk mencegah agar kentut tidak keluar sesering mungkin.

Untuk menguranginya, lakukan sejumlah latihan untuk membantu kinerja otot seperti berjalan kecil. Atau kurangi makanan dan minuman pemacu gas seperti minuman berkarbonasi, kacang, brokoli, kembang kol, dan buah kering juga susu.

2. Mengompol

Wanita hamil selalu ingin buang air kecil. Ini karena kandung kemih mereka mendapat tekanan sehingga membuat urin ingin terus dikeluarkan.

Lalu bagaimana jika tidak sengaja urin keluar sedikit demi sedikit hanya karena Anda bersin, tertawa kecil atau batuk? Ini tentu akan memalukan ketika terjadi saat Anda tengah berkumpul dengan teman-teman atau keluarga besar.

Bisa diakali dengan memakai pantyliner sehingga tidak merembes keluar dari celana dalam Anda.

3.Rambut tumbuh di muka atau bagian tubuh lainnya

Ini karena adanya hormon yang berproduksi selama kehamilan, namun terkadang efeknya kurang menyenangkan. Yaitu seperti tumbuhnya rambut di tempat-tempat yang tidak diinginkan seperti wajah, payudara, dan perut.

4 Tidak tahan bau

Wanita hamil tiba-tiba menjadi mual dan bahkan muntah ketika mencium bau-bau yang kuat seperti dari makanan. Bahkan terkadang mereka tidak tahan dengan bau badan mereka sendiri. Padahal biasanya ini seringkali tidak dihiraukan.

"Kadang-kadang Anda bisa mencium bau vagina sendiri, terutama menjelang akhir kehamilan," kata Hoover.

Bisa jadi karena Anda memiliki lendir lebih. Beberapa orang khawatir tentang bau dan membawa tisu basah ke manapun mereka pergi, padahal orang lain tidak memiliki masalah yang sama.

5. Wasir

Sering dialami ibu hamil, ketika tiba-tiba mereka menjadi sulit mengeluarkan air besar, padahal sudah mengejan sekuat tenaga. Dan ini menjadi masalah sendiri.

Bisa dihindari dengan tetap mengkonsumsi banyak cairan, makan lebih banyak serat, atau bila perlu obat pelunak tinja.

6. Jerawat

Timbulnya jerawat kadang tidak hanya di wajah, tapi di bagian tubuh lainnya seolah-olah Anda ditumbuhi kutil.

Penggunaan obat jerawat tentu tidak dianjurkan dokter selama kehamilan. Maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda dan mungkin Anda akan mendapat obat yang aman.

"Gunakan obat jerawat pada daerah yang terkena, bisa produk yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan asam azelaic yang aman untuk digunakan dalam jumlah kecil,” kata Hakaka.

7. Malu berhubungan intim

Adanya perubahan bentuk tubuh membuat ibu hamil terkadang malu untuk diajak berhubungan intim dengan pasangan mereka karena takut pasangan merasa tidak nyaman atau jijik dengan perubahan bentuk tubuh Anda.

inilah.com