27 Dzulqa'dah 1443  |  Senin 27 Juni 2022

basmalah.png

Asupan Gula Tinggi Selama Kehamilan Picu Risiko Asma pada Anak


Fiqhislam.com - Wanita yang mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan selama kehamilan dapat meningkatkan risiko alergi dan asma pada anak-anak. Hal ini dikemukakan oleh peneliti dari Queen Mary University of London (QMUL), Inggris, bahwa pada wanita hamil, asupan gula tinggi yang ditambahkan ke makanan atau minuman 38 persen meningkatkan risiko alergi pada anak-anak, 73 persen alergi terhadap dua atau lebih alergen, dan 100 persen asma.

Asupan fruktosa tinggi menyebabkan respons imun alergi pascamelahirkan yang persisten dan dapat menyebabkan alergi pada paru berkembang. Penelitian yang dipublikasikan di European Respiratory Journal ini melibatkan hampir 9.000 pasangan ibu-anak.

Para peneliti melakukan analisis antara asupan bebas gula pada kehamilan dan asma, menginitis, eksim, atopi, dan fungsi paru-paru pada anak usia 7-9 tahun. Hasilnya menunjukkan asupan gula pada ibu hamil secara positif berkaitan dengan atopi dan asma atopik, kecenderungan genetik penyakit alergi seperti rhinitis alergi, asma, dan dermatitis atopik (eksim).


"Kami tidak dapat mengatakan berdasarkan pengamatan ini bahwa asupan gula yang tinggi oleh ibu hamil pasti menyebabkan alergi dan asma alergi pada keturunan mereka," kata ketua peneliti Seif Shaheen, profesor dari QMUL, seperti dilansir dari laman Boldsky.

"Namun, mengingat konsumsi gula yang sangat tinggi, kami pasti akan menyelidiki hipotesa ini lebih lanjut dengan beberapa urgensi," tambah Shaheen. "Sementara itu, kami menyarankan agar ibu mengikuti pedoman saat ini dan menghindari konsumsi gula yang berlebihan di masa kehamilan." [yy/tempo]