14 Dzulhijjah 1442  |  Sabtu 24 Juli 2021

basmalah.png

Bolehkah Ibu Hamil Menjalani Operasi?

Bolehkah Ibu Hamil Menjalani Operasi?


Fiqhislam.com - Saat hamil, berbagai perubahan memang kita alami ya, Bun. Tentunya, kita pun berharap supaya tubuh selalu fit. Tapi, gimana kalau kondisi tiba-tiba nggak baik dan untuk menanganinya, dibutuhkan operasi?

Ahli epidemiologis Paul Aylin, dari Imperial College London di Inggris, menegaskan bahwa ibu hamil (bumil) yang akan melakukan operasi sebaiknya mempertimbangkannya dulu matang-matang. Dalam artian apakah operasi tersebut betul-betul dibutuhkan atau nggak.

Sementara, menurut InterMountain Healthcare di Amerika Serikat, operasi selama kehamilan itu umum banget dan nggak asing lagi, Bun. Dari data yang mereka survei, ditemukan kurang lebih selama satu tahun sebanyak 75 ribu bumil melakukan operasi. Pada umumnya, operasi dapat dilakukan dengan aman ketika kehamilan memasuki trimester kedua.

Nah, kalau kata dr Arie Adrianus Polim DMAS, SpOG(K), ibu hamil harus menjalani operasi, yang harus dilakukan pertama kali adalah konsultasi dan konfirmasi ke dokter mengenai kemungkinan operasi ditunda.

Bunda juga bisa mendapat kepastian apa memang memang harus segera dilakukan. Jangan lupa, kata dr Arie kita juga harus minta penjelasan mengenai prosedur, obat-obatan dan risiko komplikasi. Kita juga perlu tanya ke dokter soal alternatif operasi yang lebih aman dan minim risiko, mengingat kemajuan teknologi di dunia medis yang udah maju nih.

"Untuk menghindari kesalahan diagnosis, kita juga harus minta pendapat dari dokter lainnya. Jangan lupa juga untuk informasikan kepada dokter tentang riwayat kehamilan, kesehatan, alergi, keluarga, penggunaan obat dan rekam medis kita," kaat dr Arie, dikutip dari buku '30 Perubahan Tubuh Selama Hamil'.

Kalau memang operasi benar-benar dibutuhkan dan nggak bisa ditunda, penting bagi kita untuk menyiapkan mental ya, Bun. Pasca operasi, si kecil juga harus tetap dimonitor melalui USG dan Cardiotocography (CTG) untuk mengantisipasi terjadinya perdarahan. Dokter juga bisa memberi obat untuk mencegah kontraksi dan menghindari infeksi pasca operasi. [yy/haibunda]

 

Tags: Hamil