fiqhislam
basmalah
Pustaka Muslim


10 Ramadhan 1442  |  Kamis 22 April 2021

Atasi Demam dan Batuk Selama Kehamilan

Atasi Demam dan Batuk Selama KehamilanFiqhislam.com - Sistem kekebalan tubuh wanita hamil tidak akan berfungsi sempurna seperti saat tidak hamil. Calon ibu disarankan untuk menjaga kesehatan demi pertumbuhan buah hatinya. Karena kurangnya sistem kekebalan tubuh, calon ibu lebih rentan menderita penyakit seperti flu biasa.

Lebih dari 200 jenis virus yang menyebabkan penyakit demam dan batuk. Jadi, penting bagi wanita hamil untuk mengetahui cara menghindari pilek dan batuk saat hamil tanpa tergantung pada obat-obatan. Dilansir Boldsky, ada beberapa cara untuk menghindari demam dan batuk selama kehamilan.

Hindari rasa dehidrasi

Mengonsumsi air mineral yang cukup dapat menjauhkan diri dari gejala-gejala yang menyebabkan flu biasa. Karena itu wanita hamil disarankan mengonsumsi minimal 10 gelas air dan ketika menderita demam.  

Melakukan penguapan untuk hidung tersumbat

Hidung tersumbat menjadi gangguan yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam bernafas. Untuk penanganannya dapat menggunakan penguapan (menghirup uap). Terapi ini cocok digunakan selama kehamilan untuk memperlancar pernafasan.

Kumur air garam

Cara mengatasi tenggorokan yang gatal adalah degan berkumur-kumur air garam. Tujuannya untuk mematikan virus-virus di sekitar mulut. Selain itu dengan mengonsumsi madu, jahe dan lemon dapat menghangatkan tubuh sehingga menghindarkan dari penyakit.

Makanan sehat seperti buah dan sayur

Makanan yang kaya nutrisi juga sangat penting selama kehamilan untuk kesehatan ibu dan anak. Sayuran segar dan buah-buahan sangat kaya akan antioksidan. Manfaatnya untuk membuat sel-sel di tubuh tetap sehat dan kuat. Dengan demikian membantu ibu hamil dalam melawan infeksi.

Istirahat yang cukup

Menjaga diri dengan beristirahat adalah kunci untuk menghindari penyakit demam dan batuk. Ketika sedang beristirahat, tubuh mendapat kesempatan optimal untuk benar-benar fokus memerangi virus, sehingga dapat membantu untuk mendapatkan kondisi yang lebih baik dengan cepat.

Menjaga kesehatan

Banyak virus yang menyebar melalui udara yang menyebabkan gejala flu. Maka, wanita hamil disarankan untuk menjaga kebersihan tubuh juga kebersihan lingkungan. Pastikan mencuci tangan dengan benar sebelum makan. Perlu diingat bahwa pencegahan lebih baik daripada mengobati.

Jagalah kondisi tubuh tetap hangat

Pastikan untuk menjaga kondisi tubuh tetap hangat selama musim hujan dan juga ketika keluar rumah. Hal iniperlu dilakukan karena banyaknya polusi dan debu di jalanan. Dengan menutupi kaki menggunakan kaus kaki, dapat melindungi kaki dari semua mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi.

[yy/republika]

 

Tags: flu | batuk | hamil | bu | il