22 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 28 Oktober 2021

basmalah.png

Ibu Hamil Doyan Soda, Bayi Bisa Lahir Prematur

Ibu Hamil Doyan Soda, Bayi Bisa Lahir PrematurFiqhislam.com - Ibu hamil yang gemar mengonsumsi minuman bersoda sebaiknya berhati-hati. Sebab, sebuah penelitian di Norwegia menyatakan ibu hamil yang doyan minuman bersoda dapat mengakibatkan bayinya lahir lebih cepat alias prematur.

Penelitian mengambil sampel 60.761 perempuan hamil. Mereka rutin meminum soda setiap hari bisa. Sehingga, kemungkinan melahirkan bayi prematur meningkat menjadi 25 persen.

Sementara perempuan hamil mengonsumsi minuman mengandung gula buatan secara rutin setiap hari bisa meningkatkan kemungkinan melahirkan prematur sampai 11 persen. Meski demikian, belum jelas apakah semata meminum minuman tersebut yang menjadi penyebab kelahiran prematur.

"Kami berusaha keras mencari penyebab kelahiran prematur. Studi ini tidak memberi indikasi bahwa meminum soda merupakan hal yang sangat berisiko," ujar dokter Michael Katz, dari yayasan March of Dimes yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

Data penelitian yang dikeluarkan American Journal of Clinical Nutrition. Penelitian tidak menemukan bukti gula yang terkandung dalam minuman bersoda bisa menyebabkan kelahiran prematur.

Gaya hidup dan faktor lain yang berhubungan dengan konsumsi gula justru yang mungkin bisa menyebabkan kelahiran prematur. Menurut American Journal, penyebab terbesar kelahiran prematur adalah faktor nutrisi, usia kehamilan ibu, rokok, alkohol, obesitas, masalah kesehatan kronis seperti diabetes, dan kondisi genetik.

"Kami tidak mengatakan bahwa perempuan hamil tidak boleh meminum minuman bergula atau manis. Namun, sebaiknya mengurangi gula dan banyak makan buah dan sayuran," ujar Dr Linda Englund-Ögge dari Sahlgrenska University Hospital, Gutenberg, Swedia. [yy/metrotvnews]