pustaka.png
basmalah.png.orig


11 Dzulqa'dah 1442  |  Senin 21 Juni 2021

Tips Mendidik Anak Bila Kedua Orang Tua Bekerja

Pertanyaan

Bu, bagaimana ya agar saya bisa mendidik anak dengan baik? Karena saya dan suami bekerja, namun suami pulang lebih malam, sementara terkadang saya juga terlalu lelah setelah bekerja. Saya seringkali sedih malam hari bila saya marah, membentak bahkan terkadang memarahinya terlalu lama. Apa yang harus saya lakukan ya, bu? Apakah harus berhenti bekerja? Tapi bagaimana mencukupi kebutuhan hidup keluarga? Mohon saran dan masukannya bu, terima kasih. SO, Bandung - 29 tahun

Jawaban

Tips Mendidik Anak Bila Kedua Orang Tua BekerjaUntuk Ibu SO yang baik. Tentu tidak masalah bila Ibu bekerja, dan hal tersebut OK saja. Karena mendidik anak, bukan berarti kemudian pilihannya adalah berhenti bekerja. Bagi Ibu bekerja bukan berarti kemudian pola asuh/ pendidikan anak dalam keluarga menjadi berkurang. Tetapi ibu perlu manage (melakukan pengaturan) waktu dengan baik karena masa anak-anak tidak dapat diulang.

Pada sisi yang bersamaan, mendidik anak juga tentu TIDAK perlu dengan marah. Berikan KUALITAS bukan KUANTITAS. Waktu bertemu Ibu dengan anak, hendaknya dipergunakan komunikasi yang efektif atau sebaik mungkin. Kelekatan atau perhatian yg dibutuhkan. Pendekatan ke anak yang efektif dengan kasih sayang, melihat anak kita sebagai individu yang unik dan berbeda dengan semua kekurangan serta kelebihan yang dimilikinya.

Bila kemudian pola asuhnya tidak dirubah, maka pilihan untuk Ibu keluar dari pekerjaan dan fokus di rumah terus, namun tetap marah dan tidak memberikan perhatian penuh bagi si anak juga bukan merupakan solusi yang baik tentunya. Di sisi lain, anak yang berada pada keluarga dengan Bapak dan Ibu bekerja tentu akan menghabiskan harinya dengan interaksi sosial yang ada di lingkungannya.

Oleh karena itu, beberapa langkah dapat dilakukan seperti memilih pengasuhnya di rumah yang sudah dewasa dan senang/ care pada anak-anak. Selain itu, luangkan waktu di akhir pekan bersama dengan Bapak dan Ibu, di sela kesibukan dan rutinitas bekerja. Dengan demikian, diharapkan Ibu SO begitu juga dengan Bapak agar bisa dekat/akrab dengan anak.

Memilih lokasi pendidikan yang baik, juga dapat menjadi kunci yang tepat agar anak dapat berkembang sesuai dengan usianya. Perhatikan kebutuhan/ keinginan anak. Waktu yang sangat singkat pertemuan dengan anak, harus dipergunakan dengan efektif. Jalin hubungan yang baik dengan anak dan redamlah emosi amarah itu, toh menjadi sabar itu adalah kebaikan.

Ingatlah bahwa anak kita adalah penerus masa depan, mereka akan meneruskan hidupnya dengan bekal yang kita siapkan sedari dini. Oleh karena itu, pupuk sikap mental yang positif dimulai dengan sikap positif orang tua di dalam rumah untuk mengasuh anak kita. Demikian semoga bermanfaat. (An)
[yy/republika]

Anastasia,M.Psi,Psi
Psikolog di RS Meilia Cibubur