15 Jumadil-Akhir 1443  |  Selasa 18 Januari 2022

basmalah.png

ORANGTUA

Jangan Lakukan 4 Hal Buruk Ini Saat Memberi Makan Anak

Jangan Lakukan 4 Hal Buruk Ini Saat Memberi Makan AnakFiqhislam.com - Kesalahan saat memberikan makan anak sering tanpa sadar dilakukan. Membiarkannya berjalan sambil mengunyah atau tidak mematikan televisi. Kebiasaan buruk ini haruslah dihindari karena bisa berdampak buruk pada asupan nutrisi si kecil.

Beberapa kesalahan yang sering terjadi saat memberikan makan anak tidak dengan cepat dipahami oleh orang tua. Berikut empat hal yang tidak baik dilakukan saat memberikan makan anak Anda.

1. Tidak mematikan televisi

Suasana yang menyenangkan harus tercipta saat si kecil makan. Jika ia bahagia, nafsu makannya akan meningkat. Selama kegiatan makan berlangsung, sebaiknya si kecil tidak menonton televisi, bisa-bisa ia tidak peduli dengan makanannya.

2. Membiarkan si kecil makan sambil berjalan

Banyak bergerak atau berjalan mungkin akan dilakukan sebagian anak-anak saat makan. Kebiasaan buruk ini harus segera dihilangkan dengan membiasakan si kecil untuk selalu duduk di meja makan saat menyantap hidangannya. Hal inipun bisa mengurangi risiko tersedak dan muntah.

3. Konsumsi makanan keluarga

Menu makanan keluarga sering juga diberikan untuk si kecil. Sebaiknya hal ini perlu dihindari agar pencernaan si kecil tetap sehat. Pilihlah jenis makanan sesuai dengana usianya. Namun bukan berarti tidak bisa makan satu meja dengan anggota keluarga yang lainnya.

4. Menghemat waktu memasak

Karena alasan praktis dan hemat waktu banyak juga para ibu yang mengolah beberapa bahan makanan menjadi satu. Sebaiknya jangan pernah lakukan cara ini, karena si kecil yang masih dalam tahap penyesuaian makanannya mungkin saja tidak cocok dengan makanan yang diberikan. [yy/detik]