14 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 21 Oktober 2021

basmalah.png

Hati-hati Anak Sulit Makan Mudah Terserang Beragam Penyakit

Hati-hati Anak Sulit Makan Mudah Terserang Beragam PenyakitFiqhislam.com - Sulit makan pada anak-anak terlihat sepele. Namun, hal ini berdampak pada tumbuh kembangnya. Selain kecerdasan terganggu anak sering lesu, dan mudah terserang penyakit. Kenali ragam gangguan pertumbuhan dan asupan makanan yang dibutuhkan anak.

Pola makan yang teratur dan makanan nutrisi wajib diterapkan pada anak. Beragam akibat serius bisa mengganggu pertumbuhan. Kenali berbagai gangguan penyakit yang bisa dialami anak jika kekurangan nutrisi seperti dilansir livestrong ini.

1. Alergi makanan

Anak menolak makanan bisa jadi karena kebiasaan atau alergi. Seperti alergi telur, susu, atau juga kacang-kacangan. Jika tidak dihindari, akan membuat anak kekurangan nutrisi dari makanannya.

2. Anemia

Kekurangan zat besi dapat menimbulkan risiko anemia pada anak. Dapat menyerang anak-anak antara usia 9-24 bulan. Karenanya berikan asupan kaya zat besi seperti daging,ikan, unggas, kuning telur, dan lainnya. Atau berikan suplemen zat besi untuk penambah darah.

3. Rakhitis

Penyakit ini menyebabkan tulang menjadi lunak dan lemah. Pertumbuhan tulang anak akan terganggu. Rakhitis ini disebabkan karena kekurangan vitamin D. Pigmen kulit menjadi gelap dan membuat si kecil kurang bersemangat. Berikan anak makanan yang kaya akan vitamin D seperti minyak ikan, telur, salmon, dan lainnya.

4. Pertumbuhan yang lambat

Susah makan berati kurang asupan gizi. Tentu saja ini menghambat perkembangan anak. Berat badannya akan sulit naik, tingginya tidak bertambah dan pubertasnya akan tertunda. Kegagalan tumbuh ini disebabkan  kelainan kromosom, karena gizi buruk. Aturlah pola makan yang baik dengan asupan buah, sayuran, dan makanan yang kaya akan protein. [yy/food.detik.com]