pustaka.png.orig
basmalah.png


14 Dzulqa'dah 1442  |  Kamis 24 Juni 2021

Jus Buah Ternyata Merusak Gigi Anak-Anak

Jus Buah Ternyata Merusak Gigi Anak-AnakFiqhislam.com - Banyak orang tua yang bermaksud baik memberikan jus buah untuk anak-anaknya sebagai minuman sehat. Ya, jus buah memang baik untuk kesehatan badan, namun ternyata jus buah merusak gigi anak-anak.

The British Dental Association mendesak para ibu untuk membatasi jumlah jus sehat atau disebut juga smoothie kepada anak-anak.

Menurut survei, sekitar 25% balita teratur mengkonsumsi jus buah, sedangkan dua per tiganya makan permen manis dan makanan ringan.

Para ahli mengatakan jus buah tanpa gula, melepaskan zat gula yang merusak lebih merusak gigi daripada makan buah utuh. Sebaiknya anak-anak minum jus buah tidak lebih dari satu porsi (150 ml).

Dr Nigel Carter, chief executive dari British Dental Health Foundation, mengatakan banyak orang tua tanpa sadar telah merusak gigi anak-anak mereka karena mereka tidak menyadari betapa jus buah dapat merusak gigi anak-anak.

“Jus buah menjadi semakin populer tampak seperti ide yang baik”, kata Dr Nigel. “Namun, jus buah mengandung tingkat gula dan asam yang sangat tinggi, sehingga berdampak pada kerusakan gigi.

Untuk mengatasi hal ini, penting untuk menjaga apa yang dikonsumsi anak-anak, dan pastikan anak-anak hanya minum air putih atau susu di antara waktu makan.

Dr Robert Lustig, ahli diet dan penulis buku, mengatakan bahwa mengkonsumsi tingkat tinggi seperti gula yang berasal dari buah atau gula rafinasi, dapat meningkatkan kemungkinan seseorang menjadi gemuk, meningkatkan risiko penyakit yang terkait dengan jantung, diabetes dan gangguan liver. [yy/
pelitaonline.com]