16 Rajab 1444  |  Selasa 07 Februari 2023

basmalah.png

Anak-Anak Alami Gangguan Psikologi Akibat Internet

Anak-Anak Alami Gangguan Psikologi Akibat InternetFiqhislam.com - Keberadaan internet bisa membawa pengaruh positif dan negatif. Dampak negatif internet ternyata dialami oleh belasan anak di Kota Bandung. 

Pakar Psikologi dari UPI, Wowo Suwaryo Kuswana mengatakan saat ini ia sedang menangani 13 orang anak di Bandung yang mengalami gangguan medis dan psikologi akibat internet. 

''Tingkat kecanduan anak-anak itu pada internet sangat tinggi. Karena sejak SD kelas dua mereka sudah main game online. Mereka sekarang sedang mengalami perawatan,'' kata Wowo di Bandung, Rabu (15/5). 

Menurut Wowo, tingkat kecanduan anak-anak yang tinggi terhadap internet membuat anak tersebut menghabiskan waktu berjam-jam di internet. Sehingga, waktu belajar mereka jadi lebih sedikit. Bahkan, tulang punggung mereka melengkung karena duduk lama di depan komputer. 

''Tak hanya anak-anak. Saya pun menangani dua mahasiswa kedokteran yang kecanduan game online dan belajar mereka gagal,'' ujar Wowo.

Anak atau orang yang kecanduan internet, maka di malam hari akan memilih lebih lama di internet. Sehingga, mereka mengalami insomnia dan kekurangan tidur. [yy/republika.co.id]