25 Dzulqa'dah 1443  |  Sabtu 25 Juni 2022

basmalah.png

Ajari Gadis Anda Persiapkan Haid Pertamanya

 Ajari Gadis Anda Persiapkan Haid PertamanyaFiqhislam.com - Setiap anak perempuan tak dapat menghindar dari kondisi haid atau menstruasi. Saat pertama kali datang bulan, mereka cemas dan takut. Lantaran itu, para ibu wajib membantu anak gadis menghadapi kondisi tersebut.

Haid pertama kali dapat membuat anak bingung. Ibu, yang lebih mengerti kondisi itu, berperan mempersiapkan anak-anak gadisnya. Sehingga, anak gadis tak lagi bingung memahami haid sebagai kondisi yang wajar.

Berikut, beberapa panduan untuk ibu mempersiapkan haid pertama anaknya:

* Pengajaran tentang arti menstruasi
Ajarkan pada anak pengertian menstruasi. Berikan pengertian bahwa menstruasi berarti tubuh seorang gadis secara fisik sudah bisa hamil. Jadi anak harus bisa pula jaga diri agar terhindar dari pergaulan bebas.

Menstruasi terjadi setiap bulannya secara normal. Setiap bulan atau lebih, salah satu indung telur melepaskan sel telur, yang disebut ovulasi.

Pada saat yang sama, perubahan hormon. Itu menandakan indung telur siap dibuahi. Jika ovulasi terjadi namun sel telur tidak dibuahi, maka sel telur akan pecah. Sel telur itu keluar melalui vagina berbentuk darah.

* Rasa nyeri saat menstruasi
Saat akan menstruasi atau biasa disebut pra menstruasi syndrome (PMS) biasanya akan mengalami rasa sakit (kram) pada bagian perut bawah atau punggung. Gejala lain mungkin biasanya perubahan suasana hati, lemas, atau nafsu makan yang bertambah atau berkurang.

Katakan pada anak bahwa rasa sakit tersebut bisa dikurangi dengan menggunakan bantal pemanas atau tidur. Rasa sakit pun hilang.

* Waktu mendapatkan menstruasi pertama
Setiap anak tidak bisa memprediksi kapan akan mendapatkan haid pertamanya. Biasanya, mereka akan mengalami itu dua sampai tiga tahun setelah payudaranyanya mulai berkembang.

Menstruasi adalah pertanda anak sudah beranjak remaja. Menstruasi juga biasanya ditandai dengan munculnya keputihan, dan biasanya anak akan mengalami waktu pertama haid sama seperti ibu atau kakak perempuannya.

* Yang perlu dipersiapkan
Jelaskan anak harus menggunakan pembalut saat haid. Ajarkan bagaimana menggunakan pembalut dan pentingnya mengganti pembalut setidaknya setiap tiga sampai empat jam kepada anak.

Beritahukan kepada anak untuk bereksperimen sampai dia menemukan produk pembalut yang terbaik untuknya. Selain itu, beritahu anak untuk selalu membawa pembalut cadangan saat pergi keluar rumah, baik ke sekolah ataupun pergi untuk bermain bersama teman-temannya.

Hal ini menghindarkan jika haid berlebihan sampai bocor atau tembus ke pakaian. Jika anak mengalami tembus pada pakaian saat haid, ajarkan ia untuk menutupi noda tersebut. Seperti dengan mengikatkan kausnya dipinggang untuk menutupi noda atau dengan menggunakan sweater dan jaket.

Beritahu juga agar anak menggunakan pakaian gelap saat sedang menstruasi agar tidak terlalu kelihatan saat tembus pada pakaian.

6. Apakah orang akan mengetahuinya saat haid?
Yakinkan mereka bahwa dengan menggunakan pembalut tidak akan terlihat melalui pakaian. Jadi anak tidak perlu hawatir orang akan mengetahuinya saat menstruasi.

Putri Anda mungkin khawatir ketiaka ia mengalami menstruasi yang berbeda dengan teman seusianya. Bisa mendapatkan menstruasi lebih cepat atau lebih lambat. Jelaskan padanya bahwa menstruasi itu bervariasi pada setiap wanita.

Menstruasi pertama kemungkinan akan ringan, dengan hanya beberapa tetes darah atau hanya bercak. Menstruasi selanjutnya mungkin bervariasi dari bulan ke bulan, yang berlangsung selama dua hari atau sampai seminggu.

Jumlah darah yang hilang setiap bulan (menstruasi) dapat bervariasi, juga, biasanya 4-12 sendok teh (sekitar 20 sampai 60 mililiter). Informasikan pula bahwa saat awal-awal mendapatkan menstuasi pasti akan terjadi tidak teratur. Sampai usia dewasa pun kadang menstruasi masih akan tidak teratur, tergantung kondisi fisik dan psikis anak.

Jangan lupa ajarkan anak untuk menandai menstruasinya di kalender. Akhirnya dia mungkin bisa memprediksi kapan menstruasinya akan dimulai, sehingga bisa mempersiapkannya. [yy/
metrotvnews.com]