pustaka.png
basmalah.png.orig


14 Dzulqa'dah 1442  |  Kamis 24 Juni 2021

Ibu Depresi Buat Anak Jadi Obesitas

Ibu Depresi Buat Anak Jadi ObesitasFiqhislam.com - Seorang ibu yang menderita depresi cenderung memiliki anak dengan obesitas. Pasalnya, mereka tidak memiliki kemampuan yang baik untuk memasak atau membeli bahan makanan. Sebuah penelitian mengungkapkan, dibandingkan dengan wanita yang bahagia, wanita yang depresi memiliki anak yang lebih gemuk.

“Para peneliti dari rumah sakit anak di Montefiore, New York, mewawancarai 401 ibu tentang kesehatan mental mereka dan pola makan anaknya,” tulis Daily Mail, Kamis, 11 Juli 2013. Peneliti mencari tahu bagaimana waktu makan anak dan pola makannya.

Mereka menemukan orang dengan gejala depresi seringkali mengabaikan aturan makan. Kurangnya disiplin pada orang tua yang depresi akan membuat anak-anaknya lebih banyak mengkonsumsi makanan cepat saji. Dari sini juga terlihat, ternyata orang tua depresi sering kali tidak mempedulikan apakah anaknya sudah makan atau belum. Mereka jarang duduk bersama untuk makan bersama keluarga. Jadilah si anak lebih berpotensi untuk mengkonsumsi makanan cepat saji.

Kehilangan perhatian, konsentrasi, dan merasa lelah adalah gejala umum pasien depresi. Inilah yang membuat orang tua menjadi kurang responsif terhadap kebutuhan anak-anaknya, termasuk kebutuhan makan.

Tidak hanya pola makan, ternyata pola tidur anak juga jadi terganggu. Peneliti menemukan, anak-anak dari ibu dengan gejala depresi memiliki waktu tidur yang berkurang beberapa jam tiap harinya. Justru mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain di luar. Peneliti menekankan, pola tidur yang sehat bergantung pada hubungan dua arah antara orang tua dan anak.

“Agar tidak menjerumuskan anak ke dalam hidup yang tidak sehat, sebaiknya ibu yang memiliki gejala depresi segera berkonsultasi dengan dokter,” ujar Dr. Rachel Gross, peneliti utama studi ini. Jangan sampai depresinya orang tua membuat anak ikut depresi akibat pola makan dan pola tidur yang tidak sehat. [yy/
tempo.co]