21 Syawal 1443  |  Senin 23 Mei 2022

basmalah.png

Ibu Muda Harus Banyak Sharing Mendidik Anak

Ibu Muda Harus Banyak Sharing Mendidik AnakFiqhislam.com - Menurut Ine Aditya, psikolog dari Satu Consulting, dilema antara memilih pekerjaan dan mengurus anak memang kerap terjadi pada ibu-ibu muda yang baru saja memiliki bayi. Kekhawatiran itu biasanya timbul karena rasa kurang percaya, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain yang mengurus anaknya selagi mereka bekerja.

Apabila masalahnya adalah rasa rindu atau kangen yang berlebih karena terbiasa bersama dengan anak selama cuti panjang, obatnya bisa dengan membiasakan diri untuk pelan-pelan bekerja. “Misal di bulan terakhir, sudah biasakan untuk jalan atau pergi mencicil pekerjaan dua atau tiga jam. Atau, ketika kembali bekerja tidak langsung sibuk total seharian,” katanya.

Jika masalahnya adalah kurang percaya kepada si pengasuh anak, sambil mencari yang cocok, Anda bisa menitipkan anak ke kerabat terdekat yang dipercaya, seperti orang tua. Atau, jika tetap menggunakan pengasuh luar, pastikan beberapa tugas dijalankan sesuai dengan keinginan si ibu dan dicek setiap beberapa jam.

Ia juga menyarankan ibu muda ini untuk banyak berkonsultasi dengan sesama rekan bekerja yang lebih berpengalaman soal mendidik anak. “Sharing sama ibu-ibu yang juga kerja kantor, supaya tahu bahwa mereka tidak sendiri dan selalu ada solusinya nanti.”

Langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan waktu yang lebih berkualitas dengan si anak. Misalnya, akhir pekan benar-benar dihabiskan hanya untuk keluarga dan mengurus anak, agar tetap merasakan esensi sebagai seorang ibu.

Jika tingkat keresahan masih tinggi, mungkin Anda memang harus berhenti bekerja. Biasanya, ada kerinduan terhadap suasana kerja. Karena itu, Ine menyarankan agar mencari pekerjaan sambilan. Pilih pekerjaan yang waktunya fleksibel dan sesuai dengan passion agar tidak mendapat stres tambahan akibat pekerjaan. “Alternatifnya sangat banyak. Intinya, dilema ini artinya bukan mengorbankan yang satu demi yang lain.” [yy/tempo.co]