17 Syawal 1443  |  Kamis 19 Mei 2022

basmalah.png

Tidur Siang Meningkatkan Daya Ingat Anak

Tidur Siang Meningkatkan Daya Ingat AnakFiqhislam.com - Tidur siang selama satu jam setelah makan ternyata dapat membantu anak-anak dalam proses belajar. Keuntungan ini akan terasa pada siang hari setelah bangun tidur hingga hari berikutnya.

Kesimpulan ini didapat dari sebuah penelitian berskala kecil di Amerika Serikat. Studi tersebut menunjukkan bahwa daya ingat anak-anak berusia tiga hingga lima tahun meningkat jika mereka tidur siang.

University of Massachusetts Amherst meneliti 40 anak. Hasil penelitian ini kemudian diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

Para ilmuwan mengatakan tidur siang penting bagi otak untuk mengumpulkan ingatan dan pembelajaran di tahap awal.

Ketika anak diizinkan untuk tidur setelah makan siang, mereka menunjukan performa yang meningkat signifikan dalam tugas-tugas yang berhubungan dengan visual dan spasial dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang.

Kepala peneliti Rebecca Spencer mengatakan, "Kami adalah pertama yang melaporkan bukti bahwa tidur siang sangat penting untuk anak-anak di masa pra-sekolah. Studi kami menunjukkan bahwa tidur siang membantu anak-anak lebih baik dalam mengingat apa yang mereka pelajari."  [yy/jpnn.com]