18 Dzulhijjah 1442  |  Rabu 28 Juli 2021

basmalah.png

Agar Anak Akrab dengan Kegiatan Intelektual

Agar Anak Akrab dengan Kegiatan IntelektualFiqhislam.com - Waktu bersama dengan anak dapat diarahkan untuk meningkatkan kualitas intelektualnya. Kalau Anda lupa bagaimana melakukannya, Majalah Four-Fold Fathering, Senin (28/10/2013) mengingatkan beberapa kegiatan berikut ini, untuk Anda pertimbangkan:

1. Dampingilah anak-anak mengerjakan pekerjaan rumahnya tapi jangan beri tahu jawabannya. Cukup bantu saja mereka memahami persoalan dan menemukan jawabannya sendiri.

2. Lakukan eksplorasi bersama anak-anak Anda. Bila Anda berada di suatu tempat yang baru, doronglah anak Anda untuk menemukan hal-hal baru. Bantu mereka memahami hal-hal baru yang mereka temukan, bagaimana menyikapinya, apa saja yang aman serta apa saja yang menyenangkan.

3. Secara khusus berikan tugas di rumah bagi anak Anda. Pengalaman akan memberikan banyak pelajaran pada kita dan tugas di rumah mengajari kita untuk bertanggungjawab sekaligus mengajari menyelesaikan berbagai macam tugas.

4. Rangsanglah anak Anda untuk memperoleh nilai yang baik di sekolah. Dorongan Anda akan sangat berarti bagi anak Anda. Bila Anda berada di belakang anak, membantu dan memberi semangat, mereka akan terpacu untuk berprestasi.

5. Kunjungi museum. Ini merupakan kesempatan mahal untuk memperlihatkan berbagai persoalan budaya pada anak Anda. Jelaskan pada anak apa yang menurut Anda bernilai seni tinggi berikut alasan-alasannya.

6. Kunjungi perpustakaan. Beri kesempatan anak Anda mempelajari hal-hal yang tidak diperolehnya di sekolahan. Dengan begitu, anak-anak akan merasakan perpustakaan sebagai suatu tempat yang menyenangkan.

7. Membacalah demi anak Anda. Bila anak-anak melihat Anda membaca, mereka akan meniru kebiasaan itu. Orangtua yang membaca memiliki anak yang membaca.

yy/liputan6.com