18 Syawal 1443  |  Jumat 20 Mei 2022

basmalah.png

Tidur Malam Lebih Awal Bisa Kurangi Obesitas Anak

Tidur Malam Lebih Awal Bisa Kurangi Obesitas AnakFiqhislam.com - Minuman manis, makanan cepat saji dan kurangnya olahraga selalu dijadikan kambing hitam obesitas pada anak. Padahal kurang tidur juga bisa jadi penyebab obesitas pada anak.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru, dengan mengajak anak Anda untuk tidur lebih cepat (lebih awal) jadi cara sederhana untuk turunkan berat badan pada obesitas.
 
Dalam penelitian ini, para ilmuwan meneliti 37 anak dengan usia 8 sampai 11 tahun, melalui pola tidurnya. Ternyata, lebih dari seperempat anak mengalami obesitas. 
 
Dalam minggu pertama dari rangkaian penelitian, anak-anak diminta tidur sesuai dengan kebiasaan mereka. Masuk minggu kedua, setelah dipilih secara acak, sebagian anak diminta untuk mengurangi waktu tidur mereka. Dan sebagian lagi diminta untuk memperpanjang waktu tidur mereka.
 
Kemudian pada minggu ketiga, anak-anak diminta tidur. Jadwal tidur anak-anak di minggu ini berlawanan dengan jadwal tidur di minggu kedua.
 
Pada penelitian itu, peneliti menemukan, bahwa anak-anak yang tidur lebih awal di malam hari, mengonsumsi rata-rata 134 kalori lebih sedikit setiap hari dan berat badannya berkurang setengah pon.

"Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa waktu tidur anak usia sekolah yang lebih lama di malam hari bisa memiliki implikasi penting untuk pencegahan dan pengobatan obesitas," kata Dr Chantelle Hart, dari Temple University di Philadelphia. [yy/aktual.co]