18 Syawal 1443  |  Jumat 20 Mei 2022

basmalah.png

Minum Ini Bisa Sebabkan Anak Obesitas

Minum Ini Bisa Sebabkan Anak ObesitasFiqhislam.com - Penyebab dari obesitas pada anak, selain dari kurangnya aktivitas fisik adalah asupan makanan yang dikonsumi. Salah asupan yang membuat anak berisiko obesitas adalah minuman jus buah kemasan. Apa pasal?

Sebuah survei yang dilakukan oleh Safefood telah menemukan bahwa kadar gula dalam minuman populer di kalangan anak-anak sering setinggi minuman bersoda. Banyaknya anak yang mengonsumsi minuman tersebut juga tidak lepas dari pandangan keliru dari para orangtua mengenai minuman jus buah kemasan.

“Para orangtua berada di bawah kesan yang salah, yaitu bahwa jus buah kemasan adalah alternatif sehat karena menggunakan istilah ‘buah’,” ujar Dr. Cliodhna Foley-Nolan, Director of Human Health and Nutrition with Safefood, dikutip Irishtimes.

“Orangtua mungkin tidak menyadari bahwa minuman seperti itu benar-benar tinggi gula dan diperkirakan mengandung banyak gula, seperti minuman soda ringan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dr. Foley-Nolan mengungkapkan bila survei terbaru telah menemukan bahwa 45 persen anak-anak minum-minuman ringan setiap hari. Untuk itu, dia menyarankan kepada para orangtua untuk mengurangi penyedian minuman tersebut di rumah dan selalu menyediakan air putih ketika makan.

Sementara itu, seorang spesialis obesitas, Profesor Donal O’Shea mengatakan bahwa jelas ada bukti yang menghubungkan konsumsi minuman tinggi gula dengan obesitas di kalangan anak-anak dan remaja. Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa minuman terbaik untuk mereka adalah air putih atau susu. [yy/okezone.com]