13 Safar 1443  |  Selasa 21 September 2021

basmalah.png

Manfaat Sebuah Pelukan Bagi Si Kecil

Manfaat Sebuah Pelukan Bagi Si KecilFiqhislam.com - Apakah Anda sudah memeluk si kecil hari ini? Ada baiknya jangan meremehkan manfaat dari sebah pelukan, meskipun itu hanya sedetik saja. Pelukan bisa memberikan manfaat yang dahsyat bagi perkembangan jiwa serta raga sang buah hati.

Tahukan Anda, kebiasaan memeluk si kecil, ternyata sudah Anda lakukan ketika sedang mengandung. Saat mengandung itulah, Anda pastinya sering membelai perut yang makin besar. Perasaan hangat dan nyaman yang ditimbulkan oleh sebuah pelukan bisa jadi bukti kasih sayang dan memiliki dampak untuk meredam amarah, menenangkan anak, juga memberikan perasaan yang nyaman.
 
Pernahkan Anda melihat, seorang anak kecil yang menangis, lalu saat dipeluk oleh sang ibu, tangisannya langsung berhenti. 
 
Menurut berita dari Ahaparenting, kalau ikatan antara orang tua dan anak terjalin erat saat keduanya berpelukan. 
 
Selain itu, pelukan bisa memberikan efek positif bagi kepercayaan diri anak dan membuat jantung lebih sehat. Sebuah penelitian yang dibuktikan oleh para dokter dari Universitas North California di Chapel Hill, menyebutkan bahwa bagi seorang wanita yang memiliki pernikahan harmonis, mereka terbiasa memeluk pasangannya selama 20 detik dan dilakukan dua kali dalam sehari.
 
Tak hanya itu, pelukan meningkatkan kadar oksitosin yaitu sebuah hormon pereda stres yang menyehatkan jantung. Untuk itu lah, sebaiknya Anda gemar memberikan pelukan kasih sayang kepada keluarga Anda, seperti orang tua kita, anak-anak dan suami tercinta.
 
Membiasakan memberikan pelukan kepada anak-anak dengan perasaan kasih sayang bisa dilakukan saat mengantarkan mereka sekolah dan saat Anda pulang dari kantor. Ternyata kebiasaan itu bisa berdampak luar biasa untuk anak-anak lho. [yy/aktual.co]