14 Jumadil-Akhir 1443  |  Senin 17 Januari 2022

basmalah.png

ORANGTUA

Orangtua Jangan Katakan 6 Hal ini ke Anak

Orangtua Jangan Katakan 6 Hal ini ke AnakFiqhislam.com - Setiap orangtua memiliki cara sendiri untuk mengasuh anak-anaknya. Tak peduli seperti apa gaya pengasuhan Anda, akan ada saat-saat ketika anak Anda membenci Anda dan berpikir Anda adalah orangtua terburuk.

Belum lagi ada hal-hal yang tak boleh diberitahukan ke anak-anak ketika orangtua marah besar karena bisa merusak kehidupan anak.

Anda juga bisa mengatakan hal-hal yang salah, padahal Anda bermaksud baik. Bahkan ketika Anda berpikir Anda dekat anak-anak dan mereka sudah cukup besar untuk melangkah, tetap ada hal-hal yang tak boleh diberitahu ke anak.

Situs Magforwomen, merinci beberapa perkataan yang harus orangtua hentikan ke anak-anaknya:

1. Jangan pernah mengatakan anak hal-hal yang jelek dan kotor tentang pasangan Anda ke anak-anak

Banyak orangtua yang memaksa anaknya untuk menyingkir ketika bertengkar dengan pasangannya. Jika Anda bertengkar dengan suami Anda, pastikan tak mengatakan hal-hal yang jelek atau buruk tentang dirinya dan tak pernah memaksa anak Anda untuk menjauhinya. Anda tentu tak mau anak Anda membenci Anda atau pasangan Anda.

2. Jangan mengatakan hal-hal yang menjatuhkannya di depan orang banyak

Jangan menghina anak Anda di depan orang lain. Anda mungkin bisa merusak harga diri anak-anak Anda untuk selamanya. Tak hanya di depan orang lain, tapi usahakan tidak pernah mengatakan hal tersebut kepada anak-anak Anda. Anda harus meyakini bahwa menegakkan hal yang positif dan mendorong anak-anak untuk meyakini harga dirinya.

3. Jangan menyebut anak-anak bodoh

Bahkan jika anak Anda lambat dalam melakukan sesuatu, jangan mengatakan bodoh ke anak Anda. Selalu cari hal-hal baik lainnya dari anak Anda dan jangan pernah memaksa anak Anda untuk melakukan yang tak bisa ditanganinya.

4. Jangan pernah membicarakan kehidupan seksual Anda ke anak

Itu tak hanya memalukan ketika anak-anak mendengar kehidupan orangtuanya,tapi anak-anak ini benar-benar tak ingin tahu tentang kehidupan pribadi Anda. Yang pasti, hindari mendiskusikan kehidupan seksual Anda di depan anak-anak.

5. Jangan membandingkan anak Anda dengan orang lain atau saudaranya

Setiap orangtua harus memahami anak-anak itu berbeda. Hanya karena anak-anak lain melakukan hal yang lebih baik bukan berarti anak Anda harus melakukan hal yang sama. Jangan pernah mengatakan `Kamu harus seperti saudaramu` atau `Kamu harus mendapatkan nilai bagus seperti temanmu`.

6. Jangan pernah memanggil anak jelek atau gendut

Apabila orangtua tak mencintai anak, orang lain juga begitu. Jika anak Anda gemuk, bicaralah dengan anak Anda tentang berat badannya dan jangan melarang anak untuk makan. Cari dan cobalah menyingkirkan masalah. Kebanyakan gangguan makan dimulai karena gejolak emosi dan Anda bisa membantunya.

yy/liputan6.com