10 Jumadil-Awwal 1444  |  Minggu 04 Desember 2022

basmalah.png

Lensa Kontak Banyak Cederai Anak-anak

http://4.bp.blogspot.com/_CIP5UGAawXI/SpOEQlrUbQI/AAAAAAAAAJ0/QKN9wMgdK0M/s320/contact-lens_img.jpg

LEBIH dari 70 ribu anak Amerika terpaksa menyambangi rumah sakit karena berbagai alasan medis, tapi yang terbanyak yakni infeksi mata karena penggunaan lensa kontak.

Tim dari Badan Makanan dan Obat-obatan menganalisis catatan medis dari sekitar 100 rumah sakit di Amerika Serikat pada 2004 dan 2005. Ditemukan, lebih dari 144 ribu kasus cedera yang berkaitan dengan penggunaan alat medis. Namun, yang terutama adalah lensa kontak yang menyebabkan mata terinfeksi dan lecet, apalagi bila lensa terlalu lama dipakai tanpa rutin dibersihkan.

Kasus lainnya adalah penggunaan jarum suntik yang seringkali patah saat digunakan, kemudian diikuti penggunaan alat dengar telinga, seperti earphone yang menyebabkan infeksi. Para ahli mengatakan sebagian besar kasus tersebut tidaklah serius, hanya sekitar 6 persen anak yang mesti menjalani opeasi dan rawat inap.

Menurut situs kesehatan WebMD, pengguna lensa kontak harus selalu mencuci tangan mereka dengan air hangat dan sabun sebelum memegang lensa yang sensitif itu. Disarankan juga, pemakaian lensa kontak sebaiknya menuruti perintah dokter, lensa harus ritun dibersihkan dan disimpan di tempat yang aman. Kemudian, pastikan mata basah saat memakainya, melepaskannya sebelum tidur, dan menghentikan pemakaian dan segera ke dokter ketika infeksi bertambah parah. (Pri/OL-06/mediaindonesia.com)