30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

3 Hal Perlu Dipersiapkan Calon Orangtua

http://syakhsiyah.files.wordpress.com/2009/12/bayi.jpg

Memiliki anak merupakan hal yang membahagiakan bagi banyak pasangan. Bersamaan dengan kegembiraan akan kedatangan buah hati, Anda dan pasangan pun harus siap hadapi berbagai tuntutan dan kehidupan yang terkadang tak terduga.

Ada beberapa hal yang memudahkan masa transisi saat Anda dan pasangan bertransformasi menjadi orangtua, seperti dikutip dari Times of India.

Perhatikan kondisi keuangan
Kehadiran anggota keluarga baru pasti membutuhkan biaya tak sedikit. Calon orangtua perlu mempertimbangkan segala macam biaya apabila sang bayi lahir. Kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhannya dalam jangka panjang mesti menjadi bahan pertimbangan. Memiliki anak tanpa memperhitungkan keuangan dapat berakibat fatal bagi keuangan dan hubungan dalam keluarga.

Solusi: Agar tak menimbulkan masalah dan mempengaruhi kehidupan setelah kelahiran buah hati, perhatikan struktur pengeluaran, dari hal yang rutin hingga investasi untuk masa depan seperti kesehatan dan pendidikan anak. Bila merasa tak mampu membuat pola keuangan sendiri, ada baiknya meminta bantuan konselor keuangan.

Cek kesehatan
Sebelum memutuskan memiliki anak, sebaiknya periksa kesehatan Anda dan pasangan. Tidak terbuka dengan kondisi kesehatan dapat memicu kesalahpahaman dan hubungan antara pasangan.

Solusi: Menurut ahli gizi Radha Sharma, sebelum memutuskan memiliki anak, wanita perlu melakukan pemeriksaan lengkap. "Kedua pasangan harus memastikan tingkat kesehatan yang sempurna sebelum memutuskan memiliki anak. Pasangan wanita harus mengonsumsi diet yang baik untuk menunjang kehamilan," katanya mengungkapkan.

Apabila tak memperhatikan kesehatan, kehamilan dapat membahayakan ibu dan anak. Anak yang lahir rentan mengidap sistem kekebalan tubuh lemah dan berbagai penyakit dan gangguan pertumbuhan.

Dukungan keluarga
Di era modern banyak keluarga memilih hidup terpisah dengan keluarga besar. Namun, dukungan keluarga sangat dibutuhkan terutama saat kelahiran bayi. Pengalaman orangtua dalam mengurus anak membantu pasangan muda dengan anggota baru.

Solusi: Psikolog Aakash Verma menjelaskan, dukungan orangtua dan keluarga memainkan peran penting selama kehamilan dan kehadiran anak. Kehadiran orangtua memberi keamanan mental bagi calon ibu agar merasa aman dan nyaman. Secara psikologis akan mempengaruhi ibu hamil dan anak dalam kandungan hingga lahir. (Petti Lubis, Anda Nurlaila/VIVAnews.com)