4 Jumadil-Awal 1443  |  Rabu 08 Desember 2021

basmalah.png

Pubertas Dini Anak Perempuan Rentan Penyakit

http://4.bp.blogspot.com/_g5Sp5wCpyAk/Su_awY5h5ZI/AAAAAAAAAAc/mPqhcyXKb9U/s320/kartun.jpg

Para ilmuwan saat ini telah menemukan bahwa perkembangan payudara pada anak perempuan tumbuh ketika mereka berumur sembilan tahun dan 10 bulan, hampir satu tahun lebih awal dari studi yang dilakukan sebelumnya di tahun 1991. Penelitian ini dilakukan di Denmark pada 2006, tahun terakhir ketika penelitian diadakan, namun para ahli percaya bahwa kecenderungan ini juga tampak di Inggris. Data yang didapat dari Amerika juga menunjukkan bahwa fenomena tumbuhnya payudara ini merupakan permulaan dari awal pubertas.

Jika anak perempuan menjadi dewasa sebelum waktunya, maka mereka akan berhadapan dengan masalah remaja pada usia muda dan mereka akan lebih rentan terhadap penyakit di kemudian hari. Para ilmuwan khawatir terhadap kesehatan anak-anak perempuan yang akan menghadapi perkembangan seksual saat mereka masih di sekolah dasar, dan kenyataan akan hormon yang timbul lebih awal dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

Ada juga risiko penyakit jantung lebih besar. Faktor lain dari pubertas awal adalah menjaga pola makan. Anak-anak biasanya makan lebih banyak dari orang dewasa untuk masa pertumbuhan. Namun ketika mereka sudah mengalami pubertas tanpa pola makan yang sehat dalam banyak kasus mereka menjadi gemuk atau obesitas.

Anders Juul, kepala Departemen Pertumbuhan dan Reproduksi Rumah sakit Universitas di Kopenhagen, mengatakan kepada The Sunday Times, "Kami sangat terkejut bahwa telah terjadi perubahan yang cukup pesat dalam jangka waktu hanya 15 tahun. Ini merupakan bukti yang nyata bahwa ada sesuatu yang mempengaruhi anak-anak kita, apakah itu junk food, lingkungan yang telah terkontaminasi oleh zat kimia atau mungkin karena kurangnya aktivitas fisik."

Sejumlah bahan kimia yang dihasilkan telah dinyatakan dapat mengganggu perkembangan seksual anak, terutama bisphenol A, plastik yang ditemukan di lapisan kaleng-kaleng dan botol pada makanan bayi. Mr Juul menambahkan saat ini sedang dilakukan pengujian sampel darah dan urin dari anak-anak perempuan untuk melihat apakah terdapat hubungan langsung antara pubertas dini dan bisphenol A.

Standar internasional yang dilakukan pada 1960 menunjukkan bahwa pubertas normal pada anak perempuan kulit putih di saat usia mereka menginjak 12 tahun. Pubertas awal untuk anak laki-laki di usia 14 ketika suara mereka berubah dan pertumbuhan terhadap tubuh mereka.

Hidayatullah.com


Artikel Terkait
  1. Banyak Makan Daging Percepat Pubertas Anak Perempuan
  2. Dampak Pubertas Dini pada Perilaku Anak
  3. Lima Tips Cegah Pubertas Dini
  4. Zat Kimia dalam Produk Kecantikan Pacu Pubertas Anak Gadis