14 Jumadil-Akhir 1443  |  Senin 17 Januari 2022

basmalah.png

ORANGTUA

Usia Pantas Izinkan Anak Bersolek

http://4.bp.blogspot.com/_xhG0CJpUqPc/Sh9Kd7NTl-I/AAAAAAAAAm8/C3847pscMh8/s200/C012.jpg

PERNAHKAH Anda berpikir, usia berapa yang dikatakan masih terlalu muda bagi seseorang untuk mulai menggunakan make up? Sebuah studi yang dirilis pekan lalu oleh perusajaan penelitian NPD, Insight into the Youth Beauty Market, menemukan jawaban mengejutkan atas pertanyaan tersebut.

Menurut penelitian itu, para remaja dan perempuan muda menjadi berkurang ketergantungannya terhadap kecantikan dan kosmetik. Akan tetapi, anak-anak praremaja (usia sekitar 8-12 tahun) justru semakin tergila-gila memakai make up dan bersolek.

Berdasarkan laporan tersebut, di antara peningkatan penggunaan maskara, eyeliner, dan lipstik dari tahun 2007, penggunaan maskara dan eyeliner oleh anak praremaja ternyata bertambah dua kali lipat.


Namun, jangan terburu-buru mengkambinghitamkan budaya pop seperti Britney Spears dan Lady Gaga atas fenomena ini. Sebab, anak-anak praremaja ternyata hanya mencontoh apa yang dibeli dan digunakan oleh kakak atau ibu mereka sendiri.


Jika Anda memiliki anak atau adik usia praremaja yang mulai memperlihatkan ketertarikan terhadap kosmetik, berikut ini adalah sejumlah hal yang layak dipertimbangkan sebelum memperbolehkan atau melarangnya:


* Merupakan hal normal bagi seorang gadis untuk ingin menggunakan make up dan tertarik terhadap fesyen pada umumnya. Jangan langsung menolak mentah-mentah keinginannya. Sebab, dia bisa jadi berontak dan menggunakan make up dengan sembunyi-sembunyi. Daripada melarangnya menggunakan make up sama sekali, lebih pertimbangkan untuk mengizinkannya menggunakan pelembab ringan, bedak dan lip gloss tipis.


* Ajarkan dia bagaimana cara mengaplikasikan make up secara benar dan pantas, termasuk bagaimana merawat dan membersihkan wajah setelah menggunakan make up. Apalagi, menjelang pubertas anak rawan terhadap serangan jerawat.


* Batasi penggunaan make up untuk acara-acara tertentu, misalnya ke pesta ulang tahun teman atau acara spesial lainnya. Pastikan make up yang diaplikasikan terlihat natural dan tidak membuatnya tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

MediaIndonesia.com - Yulia Permata Sari