7 Rajab 1444  |  Minggu 29 Januari 2023

basmalah.png

Infeksi Tak Terkait Autisme

Infeksi Tak Terkait AutismeFiqhislam.comInfeksi yang terjadi di masa balita tidak terkait dengan munculnya autisme. Demikian menurut hasil analisa terhadap 1,4 juta anak yang lahir di Denmark antara tahun 1980 dan 2002. Para peneliti membandingkan data tersebut dengan data anak-anak yang dirujuk ke klinik tumbuh kembang dan kemudian didiagnosa menderita autisme. Pada anak-anak itu, hampir 7.400 anak didiagnosa mengidap autis.

Anak-anak yang mengalami infeksi penyakit, baik karena bakteri atau virus, cenderung mendapat diagnosis autis. Akan tetapi, anak-anak yang tidak terkena infeksi justru lebih banyak yang terdiagnosa autis dibanding anak yang tidak pernah sakit infeksi. Itu sebabnya para peneliti menyimpulkan tidak ada kaitan antara infeksi dan spektrum autisme.

"Kami menemukan kaitan yang sama antara anak yang dirawat di rumah sakit karena berbagai sebab dengan autisme. Bila memang ada kaitan yang khusus, seharusnya muncul penyebab infeksi yang spesifik," kata Dr. Hjordis Osk Atladottir, peneliti dari Institute of Public Health University of Aarhus, Denmark.

Studi sebelumnya menyebutkan anak-anak autis cenderung memiliki sistem imun yang abnormal, sehingga muncul teori bahwa autisme mungkin dipicu oleh infeksi. Sebagian orangtua yang anaknya menderita autis juga melaporkan anaknya lebih sering sakit.

Namun para ahli menegaskan bahwa disamping lebih rentan terkena infeksi telinga dan pernapasan dibanding anak normal, sebenarnya tidak ada kaitan antara autisme dan infeksi. Para orangtua juga diminta tidak percaya pada mitos yang menyebutkan autis muncul setelah anak terinfeksi meningitis atau radang otak.

Ada banyak alasan mengapa anak yang autis lebih sering mendapat perawatan medis karena infeksi. Misalnya saja karena masalah pencernaan, anak-anak autis memang memiliki pencernaan yang bermasalah. Mungkin juga karena orangtua mereka lebih khawatir pada tumbuh kembang anaknya sehingga lebih sering mencari pengobatan.

AARHUS, KOMPAS.com