30 Rabiul-Akhir 1443  |  Minggu 05 Desember 2021

basmalah.png

Penderita Autis Bisa Disembuhkan

Penderita Autis Bisa DisembuhkanFiqhislam.comAnak yang menderita autis atau “cacat mental” bisa disembuhkan asal dilakukan dengan sabar dan bertahap. Ketua Yayasan Bina Autis Mandiri Palembang, dr Muniyati Ismail di Palembang, Selasa mengatakan, pihaknya telah lama membina anak penderita autis dan ternyata bisa disembuhkan. Namun, lanjut dia, pembinaan harus dilaksanakan secara berkelanjutan, jangan setengah-setengah supaya mental mereka semakin normal.

Menurut pendiri Yayasan Bina Autis Mandiri itu, pihaknya sekarang ini telah membina anak penderita autis sebanyak 97 orang dan dari jumlah itu sebagian besar mereka telah duduk di kelas satu hingga kelas enam sekolah dasar.

Yayasan itu mulai didirikan pada Januari 2003, setahun kemudian didirikan sekolah dasar, kata dia lagi.

“Alhamdulillah tahun ini ada enam orang yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Dari enam itu empat di antaranya penderita autis,” kata dia.

Ia menjelaskan, murid yang bersekolah di yayasan ini selain ada yang menderita autis juga ada yang normal seperti murid SD umum lainnya.

Ketika ditanya soal ketertarikannya mendirikan yayasan autis itu, ia mengatakan, anaknya juga ada yang menderita autis yakni, Attar (13) sehingga ia menjadi sangat tertarik untuk membina anak-anak seperti itu.

“Oleh karena itu bagi anak yang kurang mampu atau penderita autis lainnya bisa dibina di Yayasan Bina Autis Mandiri karena pihaknya akan membantu dengan biaya ringan,” ujar dia pula.

Matanews.com