14 Rabiul-Awal 1443  |  Kamis 21 Oktober 2021

basmalah.png

Siapkan Finansial Bagi Anak Sejak Dini

http://3.bp.blogspot.com/_IdNxCfiVYZY/S7Hr9S46zRI/AAAAAAAAAHM/EV5p4nFEbPc/s1600/anak_miskin.jpgSetiap Anda memiliki anak, seharusnya sudah dipersiapkan bagaimana mengatur keuangan bagi masa depan anak tersebut.

Tanpa ada perencanaan keuangan untuk masa depan anak, bisa-bisa impian ingin menyekolahkan anak di sekolah yang bergengsi bisa gagal. Pasalnya tidak tercukupi secara finansial.

Untuk itu ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan bagi masa depan si anak.

Langkah 1 : Asuransi Jiwa

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan dalam perjalanan hidup terjadilah suatu peristiwa yang menimpa Anda atau pasangan Anda.

Peristiwa itu mengubah kehidupan Anda. Oleh sebab itu siapkan asuransi untuk anak sejak lahir. Gunanya untuk melindungi anak-anak apabila suatu saat orangtua mengalami musibah atau bercerai.

Langkah 2 : Menabung

Mulailah menabung. Setiap Anda gajian sisihkan uang untuk ditabung guna masa depan anak. Tradisi menabung ini sudah harus menjadi kebiasaan, agar ada uang cadangan.


Langkah 3: Pendidikan

Meskipun anak Anda masih balita, tidak ada salahnya orangtua sudah merencanakan uang pendidikan dari sekolah dasar sampai  perguruan tinggi. Memperoleh pendidikan yang baik tentu membutuhkan biaya yang tidak murah. Untuk itu mempersiapkan dana pendidikan sangat perlu dimulai sejak dini.


Langkah 4: Asuransi Kesehatan

Jangan lupa pula sediakan asuransi kesehatan untuk si buah hati. Asuransi kesehatan sangat penting di tengah biaya kesehatan yang sangat mahal.


Langkah 5: Perkenalkan Kelompok Sosial

Ketika anak sudah tumbuh besar, mulailah memperkenalkan anak-anak kepada orang-orang yang dipercaya. Orangtua harus membiasakan mulai memperkenalkan kepada sahabat, pengacara, akuntan, anggota keluarga, dan jaringan bisnis yang selama ini sangat dipercaya keluarga Anda.

Jadi jangan cemas saat Anda telah pensiun, anak-anak telah tercukupi secara finansial, pendidikan, dan kehidupan sosial.

 

WIFE.org/*/OL-12/mediaindonesia.com